DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Umat Hindu Gelar Pujawali di Pura Penataran Agung Kertabhumi Taman Mini Indonesia Indah

image
Tari Pendet di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu 10 Maret 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM – Umat Hindu Kamis 17 Oktober 2024 menyelenggarakan Pujawali ke-50 di Pura Penataran Agung Kertabhumi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis 17 Oktober 2024.

Pujawali ialah ritual keagamaan Hindu sebagai penghormatan, pemujaan, persembahan kepada keagungan Tuhan dalam prabawa-Nya sebagai Ida Betara.

"Acara ini tidak hanya menjadi momen spiritual bagi umat Hindu, tetapi juga menjadi event mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat," kata Direktur Utama TMII Intan Ayu Kartika dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2024.

Baca Juga: Mahasiswa Papua di Jakarta Bikin Festival Budaya di Taman Mini Ajak Jalankan Pilkada Damai

Untuk memperingati perjalanan panjang Pura Penataran Agung Kertabhumi, katanya, TMII juga menggelar Festival Seni dan Budaya tari Bali.

Ada tari Pendet, Rejang Taksu Bhuwana, Rejang Dedari, Panji Semirang, Kembang Girang, Kebyar Duduk, dan Pelegongan Mesatya.

Tari yang memiliki makna spiritual dan estetika itu dapat disaksikan di Pelataran Taman Legenda.

Baca Juga: Taman Mini Kembali Gelar Parade Tari Nusantara

Untuk menuju pengunjung TMII yang memakai angkutan umum, ada halte Bus Transjakarta di pintu masuk TMII dan layanan antarjemput gratis dari lobi Stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya. ***

Berita Terkait