DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Taman Mini Kembali Gelar Parade Tari Nusantara

image
Parade Tari Nusantara. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali menggelar Parade Tari Nusantara ke-40 kalinya.

Dalam keterangan tertulisnya kepada OrbitIndonesia, Senin 7 Oktober 2024, parade tari nusantara ini adalah sebuah perhelatan tahunan yang telah menjadi salah satu ikon dalam melestarikan budaya Indonesia.

Parade Tari Nusantara tahun ini berlangsung pada 6 Oktober 2024 di Sasono Langen Budoyo bertema “Jelajah Mantra Nusantara”.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Jamin Pemilik KJP Plus Bisa Wisata ke Ancol dan Taman Mini Gratis

Pergelaran ini menampilkan gerakan dan irama dalam tarian Nusantara yang menyimpan mantra dan pesan mendalam tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai luhur bangsa.

Sebagai miniatur Indonesia, TMII tidak hanya menampilkan kekayaan arsitektur dan alam Indonesia, tetapi juga berperan sebagai platform agar masyarakat mengenal, memahami, dan mencintai budaya dari berbagai daerah.

Melalui Parade Tari Nusantara yang telah berlangsung selama 40 tahun ini, TMII kembali menegaskan perannya sebagai ruang budaya yang terbuka bagi semua.

Baca Juga: Mahasiswa Papua di Jakarta Bikin Festival Budaya di Taman Mini Ajak Jalankan Pilkada Damai

Parade ini tidak hanya menjadi tempat seniman tari dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kreativitas dan bakat mereka, tetapi juga menjadi komitmen TMII dalam memperkuat kesatuan melalui keberagaman.

“Parade Tari Nusantara adalah manifestasi komitmen Taman Mini melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia,” kata Intan Ayu Kartika selaku Direktur Utama TMII.

Ada 14 provinsi yang akan berkompetisi untuk memperebutkan piala bergilir TMII dalam gerak tari nusantara di parade ini. Mereka ialah Kalimantan Selatan, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bengkulu, Lampung, Papua Barat, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Jakarta, Kepulauan Riau, Jawa Barat, dan Aceh. ***

Berita Terkait