DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Taman Mini dan Kementerian Perhubungan Teken MoU Pengembangan Museum Transportasi

image
Suasana penandatanganan kesepahaman antara TMII dan Kementerian Perhubungan. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan, Minggu 22 September 2024 menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pengembangan Museum Transportasi di dalam area TMII, Jakarta. 

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Direktur Utama TMII, Intan Ayu Kartika dan Kepala BPSDMP Subagiyo, disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur SDM & Digital InJourney Herdy Harman, Febrina Intan selaku Direktur Utama PT TWC.

BPSDM Perhubungan bersama TMII bersepakat untuk mengembangkan Museum Transportasi, sehingga bukan hanya sebagai pusat sejarah transportasi Indonesia, tetapi juga destinasi wisata edukatif.

Baca Juga: Paguyuban Yogyakarta Gelar Seni Budaya di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah

Museum Transportasi yang berdiri di area seluas 6,25 hektare ini mulai dicanangkan 14 Februari 1984, sedangkan pembangunannya dimulai 1985 dan diresmikan 20 April 1991.

Beberapa koleksi museumnya adalah Cikar DAMRI, armada pertama DAMRI yang menjadi alat angkut logistik militer di Surabaya dan Mojokerto pada tahun 1946, Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang digunakan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden M. Hatta ketika pemerintahan RI pindah ke Yogyakarta.

Lalu ada pesawat jenis DC-9 PK-GNT milik Garuda Indonesia, perahu Banjar khas pedalaman, sampai mercusuar dari tahun 1879.

Baca Juga: Tak Perlu Pergi ke Bali, Taman Mini Indonesia Indah Sajikan Tari Kecak Bertema Geseng Alengka Hari Sabtu Sore

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, kerja sama ini adalah langkah besar dalam memperkaya wawasan dan pengalaman pengunjung TMII.

Direktur Utama Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, InJourney, Dony Oskaria menuturkan, ia ingin memperkenalkan TMII sebagai ikon wisata kultural dengan sarana edukasi keragaman budaya Indonesia.

Menurut Dony, jumlah pengunjung TMII mengalami kenaikan signifikan sejak direvitalisasi. Pertumbuhan pengunjungnya mencapai 350 persen.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Ingin Koreksi Harga Masuk Destinasi Wisata, Singgung Ancol dan Taman Mini

Ketika akhir pekan, jumlah pengunjung TMII mencapai 20 sampai 25 ribu pengunjung. *** 

Berita Terkait