DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Taman Mini Indonesia Indah Gelar Festival Musim Panas Jepang Selama Libur Sekolah 

image
Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Rabu 26 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menggelar Festival Musim Panas Jepang atau Natsu Matsuri mulai Sabtu 29 Juni sampai Minggu 7 Juli 2024 untuk menyemarakkan 
libur sekolah.

“Natsu Matsuri ini ialah kolaborasi budaya Jepang dan Indonesia," kata Direktur Utama Arsipro, Andy Sadrudin Rohardian selaku penyelenggara festival di Jakarta, Rabu 26 Juni 2024.

"Jadi tradisi dan budaya Jepang dapat dikenalkan kepada anak-anak sewaktu libur," katanya.

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah Beri 2 Ekor Sapi Kurban ke Masjid Sunan Kalijaga

Menurutnya, pada festival itu para pengunjung bisa melihat pertunjukan yang menggabungkan antara seni kontemporer dan seni tradisional Jepang.

Pada hari pertama Natsu Matsuri, acara dibuka fun run di area TMII dengan jarak lima kilometer yang diikuti sekitar 1.500 peserta.

Pelari akan mengenakan cosplay atau kostum khas Jepang. 

Baca Juga: Selama Libur Iduladha Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah Capai 40 Ribu

Acara fun run itu akan dimeriahkan oleh beberapa grup musik seperti JKT48, J-Rocks, Payung Teduh dan salah satu band asal Jepang.

Tak hanya itu, Festival Natsu Matsur juga ada acara Bon Odori (tarian tradisional Jepang), penampilan Taiko (tabuh drum), parade Omikoshi (arak-arakan kuil portable) dan bazar kuliner.

Vice President Marketing Communications TMII, Erika Silviana telah menyiapkan aneka acara bertema Kumpul Bocah mulai 22 Juni sampai 7 Juli 2024.

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah Gelar Festival Musim Panas Jepang Selama Libur Sekolah 

Festival ini menampilkan berbagai rangkaian acara seperti Festival Kumpul Bocah di Plaza Lokomotif seperti bubble party, face painting, permainan tradisional anak, story telling,serta art and craft, katanya.

Selain itu, katanya, pada pertunjukan budaya, pengunjung dapat menyaksikan ragam tari-tarian khas daerah dalam acara Soul of Youth setiap sore di Plaza Kori Agung. 

Kemudian pertunjukan tirta menari setiap hari pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Pertunjukan tirta cerita setiap hari pukul 18.30 WIB di Plaza Promenade, danau archipleago. 

Kemudian pagelaran pertunjukan tari kecak pada Minggu 30 Juni.

Direktur Komersial TMII, Ratri Paramita mengatakan, di pengujung acara akan dilaksanakan ruwatan akbar pada tanggal 7 Juli 2024. *

Berita Terkait