DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Mahasiswa Papua di Jakarta Bikin Festival Budaya di Taman Mini Ajak Jalankan Pilkada Damai

image
Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Puncak (IPMAP) menggelar drama perang suku di anjungan Papua Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu 2 Oktober 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Puluhan mahasiswa Papua dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Puncak (IPMAP) mengajak calon kepala daerah menjalankan kampanye damai di Pilkada 2024.

"Kami pesan agar calon kepala daerah bisa mengampanyekan politik sehat, aman, adil, jujur, dan damai," kata Koordinator Lapangan IPMAP Spri Mulani Jikwa usai menggelar Festival Budaya di Anjungan Papua Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu 2 Oktober 2024.

Mahasiswa Papua ini tidak ingin persoalan masa lampau terjadi kembali.

Baca Juga: Taman Mini dan Kementerian Perhubungan Teken MoU Pengembangan Museum Transportasi

Jikwa percaya bahwa calon kepala daerah ini bisa menjaga persatuan dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Melalui Festival Budaya dengan pentas drama dan tarian itu, katanya, mahasiswa ingin mengedukasi kepada masyarakat, khususnya Papua dan Kabupaten Puncak agar menjalankan Pilkada itu dengan aman, jujur, adil, dan damai.

Dalam pentas drama itu, diceritakan dua calon kepala daerah bersitegang, sehingga menimbulkan perang suku di antara pendukung mereka.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Jamin Pemilik KJP Plus Bisa Wisata ke Ancol dan Taman Mini Gratis

Salah satu calon kepala daerah mengklaim telah ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai G, sementara calon lainnya mengklaim didukung oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan tingkat ranting di wilayahnya.

Sehubungan masing-masing calon kepala daerah memiliki ego tinggi, terjadilah perang suku di antara dua kubu, sehingga mengorbankan banyak jiwa.

Perang suku itu juga menimbulkan dendam dari masing-masing kubu karena banyak saudaranya yang telah menjadi korban, sehingga pemerintah setempat dan tokoh adat turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut. ***

Berita Terkait