DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

NIa Niscaya: Turis Asing yang Datang ke Indonesia Naik Terus, Turis Nusantara Dominan di Pulau Jawa

image
Ilustrasi turis asing di Indonesia. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM – Jumlah turis asing yang datang ke Indonesia periode Juli 2024 naik  9,42 persen dibanding bulan sebelumnya.

Menurut Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya, dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" Senin 2 September 2024 di Jakarta, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa tutris asing yang masuk ke Indonesia peride Juli 2024 1,31 juta orang.

Secara kumulatif jumlah kunjungan turis asing periode Januari sampai Juli 2024 7.752.910 orang atau tumbuh r 20,75 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Turis Asing yang Berkunjung ke Indonesia Naik 23,78 Persen, Nia Niscaya: Berdampak kepada Pertumbuhan Ekonomi

“Kalau melihat targetnya sampai Juli 2024 adalah 5.416.606. Kita punya cadangan dua jutaan terhadap target. Ini telah mencapai sekitar 54 persen dari targetnya,” katanya.

Menurutmnya, jumlah kunjungan turis asing ini harus igenjot lagi agar trjadi surplus dibanding turis nasional yang berkunjung ke luar negeri.

Untuk destinasi tujuan turis nasional ke luar negeri adalah Malaysia, Saudi Srabia, Singapura, dan Thailand.

Baca Juga: Imigrasi Denpasar Deportasi Turis Asing Karena Bekerja di Salon Perawatan Kuku

Sedangkan pergerakan turis nusantara periode Januari sampai Juli 2024 mencapai 598,72 juta, atau naik 18,03 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Pulau Jawa masih mendominasi, karena jumlah penduduknya banyak dan infrastrukturnya bagus,” ungkapnya.

Menurutnya, bagsunya transportasi dan infrastruktur jalan menjadi pendorong pergerakan turis nusantara di pulau Jawa. ***

Berita Terkait