DECEMBER 9, 2022
Internasional

Josep Borrel dari Uni Eropa Kecam Keras Serangan Israel Terhadap Warga Palestina yang Mengungsi di Sekolah Gaza

image
Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (EU), Josep Borrell. ANTARA/Anadolu/aa.

ORBITINDONESIA.COM - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (EU) Josep Borrell pada Sabtu, 10 Agustus 2024, menyampaikan kecaman keras menyusul laporan serangan Israel ke sebuah sekolah, yang menampung para warga Palestina yang mengungsi di Jalur Gaza tengah.

"Mengerikan melihat gambar-gambar dari sekolah penampungan di Gaza yang terkena serangan Israel, yang kabarnya menelan puluhan korban di kalangan warga Palestina," tulis Josep Borrel di X.

Kecaman Josep Borrel berkaitan dengan tewasnya sekitar 100 orang dan sejumlah lainnya luka-luka, saat pesawat Israel menyerang para warga Palestina, yang sedang menjalankan salat Subuh di Sekolah Al-Taba'een di daerah Al-Daraj.

Baca Juga: Palestina Kutuk Andil AS Dalam Serangan Israel di Sekolah Gaza yang Tewaskan Lebih Dari 100 Orang

Josep Borrell menekankan tidak ada pembenaran atas aksi pembantaian semacam itu, khususnya yang menargetkan lembaga pendidikan yang difungsikan sebagai tempat perlindungan bagi warga sipil.

Dia menyoroti jumlah korban yang mengkhawatirkan sejak konflik mulai muncul pada awal Oktober 2024. Menurut sejumlah laporan, ada lebih dari 40 ribu warga Palestina yang tewas.

"Kami menyesalkan dan mengutuk penolakan Menteri (Bezalel) Smotrich -- yang bertentangan dengan kepentingan rakyat Palestina -- untuk mencapai sebuah kesepakatan," katanya.

Baca Juga: Pilpres Amerika Serikat, Kamala Harris: Kini Saatnya Sepakati Gencatan Senjata di Gaza dan Bebaskan Sandera

Smotrich, yang memimpin partai Zionisme Religius sayap kanan di Israel, pekan lalu mengecam usulan gencatan senjata di Gaza dengan menyebutnya sebagai "perangkap berbahaya". 

Borrell menegaskan kembali bahwa gencatan senjata masih merupakan "satu-satunya cara untuk menghentikan pembunuhan warga sipil dan mengamankan pembebasan sandera."

Kecaman juga datang dari Belgia.

Baca Juga: Kementerian Luar Negeri RI: Indonesia Kutuk Keras Pembantaian Warga Palestina oleh Israel di Sekolah Gaza

"Perang ini harus dihentikan segera. Menargetkan infrastruktur sipil melanggar hukum internasional dan tidak dapat diterima," tulis Menteri Luar Negeri  Belgia Hadja Lahbib di X.

Gelombang serangan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan hampir 39.800 korban sejak Oktober 2023, menyusul serangan lintas batas yang dilakukan kelompok pejuang Palestina, Hamas.

Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) dituding melakukan genosida.

Baca Juga: Sebagian Besar Korban Serangan Brutal Israel di Sekolah Gaza Terkena Luka Bakar dan Kehilangan Anggota Tubuh

ICJ telah memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militer di Rafah. Di kota bagian selatan itu, lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum mereka diserang Israel pada 6 Mei.***

Sumber: Antara

Berita Terkait