DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Pilkada Riau 2024: SF Hariyanto, Bakal Calon Pasangan Abdul Wahid yang Mumpuni Menata Birokrasi

image
SF Hariyanto. (Diskominfotik Riau)

ORBITINDONESIA.COM – SF Hariyanto (59 tahun) yang menjadi bakal calon pendamping Abdul Wahid di Pilkada Riau 2024 adalah birokrat mumpuni.

Ia bisa menjadi mitra yang baik bagi Bang Wahid, sapaan akrab Abdul Wahid dalam memimpin birokrasi jika mereka kelak memenangi Pilkada Riau 2024.

Hariyanto bisa disebut mumpuni karena meniti karier dari tingkat bawah sebagai pegawai honor di Pemerintah Provinsi Riau kemudian memegang jabatan tertinggi sebagai pegawai negeri sipil, Sekretaris Daerah.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Bang Wahid Hadiri Riau Berzikir yang Diisi Ceramah Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Das’ad Latif

Dan, puncaknya ia diberi kepercayaan memegang jabatan politis sebagai Penjabat Gubernur Riau, Kamis 29 Februari 2024.

Jabatan yang diraih Hariyanto ini tak mungkin datang kalau dia tidak bagus “rekam jejaknya”. Sebelum menempati jabatan sekretaris daerah dan jabatan politis penjabat gubernur Riau, rekam jejaknya sudah pasti diseleksi dan periksa oleh pejabat berwenang.

Isu hoaks yang sempat menerpa lewat istrinya yang kemudian viral di media sosial gagal mencoreng rekam jejaknya.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Ada Relawan Syamsuar yang Beralih Mendukung Abdul Wahid

Istrinya yang diisukan pamer barang bermerek mahal itu membikin Hariyanto sampai harus membuat klarifikasi.

Ia membantah bahwa barang-barang yang dikenakan istrinya itu adalah bermerek mahal, tapi semua itu hanyalah barang palsu alias KW.

Ia menyebut barang-barang yang terlihat mewah di foto itu dibeli istrinya  di kawasan Mangga Dua, Jakarta yang merupakan pasar masyarakat biasa.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Abdul Wahid yang Muda yang Melejit

"Mereka (netizen) lihat ini disandingkan totalnya Rp 420 juta, padahal hanya Rp 2-5 juta beli di ITC Mangga Dua di Jakarta," kata Hariyanto, Senin 20 Maret 2023 sebagaimana dikutip detik.com.

Sepak terjang dan rekam jejaknya yang bagus selama menjadi Penjabat Gubernur Riau kemudian menarik perhatian publik. Publik pun mendorongnya mengikuti Pilkada Riau 2024.

Ia dipasangkan dengan Bang Wahid, politikus muda Partai Kebangkitan Bangsa yang duduk di DPR RI dengan suara dukungan tertinggi se-Riau dalam Pemilu 2024.

Dan, Hariyanto pun mantap menapaki kontestasi politik lalu mengambil keputusan mengundurkan diri sebagai Penjabat Gubernur Riau. Penggantinya akan dilantik, Kamis 14 Agustus 2024.

Abdul Wahid-SF Hariyanto oleh banyak pihak disebut kombinasi komplet, --Junior-Senior. Bang Wahid adalah politikus muda yang melejit dengan basis massa besar, sedangkan Hariyanto adalah birokrat yang mumpuni dalam menata birokrasi. ***

Berita Terkait