DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Pilkada Riau 2024: Abdul Wahid yang Muda yang Melejit

image
Abdul Wahid (liputanoke.com)

ORBITINDONESIA.COM – Salah seorang bakal calon gubernur di Pilkada Riau 2024 ialah Abdul Wahid (44 tahun).

Abdul Wahid adalah politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang duduk di DPR RI periode 2019-2024.

Di Pemilu 2024, ia terpilih lagi dengan suara dukungan terbanyak di antara calon anggota legislatif lainnya dari daerah pemilihan di Riau.

Baca Juga: Warga Keturunan Tionghoa di Kota Batam, Kepulauan Riau Lestarikan Ritual Bakar Tongkang

Ia yang bertarung di daerah pemilihan Riau 2 meraih 104.229 suara konstituen atau yang terbanyak di Riau untuk kursi DPR RI.

Tak heran bila ia disebut banyak pihak sebagai politikus muda paling melejit pamornya.

Dan, di Pilkada Riau 2024, Abdul Wahid yang akrab disapa Bang Wahid ini mencoba untuk maju menjadi bakal calon gubernur.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Bang Wahid Hadiri Riau Berzikir yang Diisi Ceramah Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Das’ad Latif

Ia mengklaim telah memperoleh surat dukungan dari tiga partai; PKB, PDI Perjuangan, dan Patai Nasdem. Tiket pun dalam genggamannya.

Di Pilkada Riau 2024 ini, Bang Wahid banyak memperoleh dukungan dari relawan muda. Para relawan ini menaruh harapan besar kepada Bang Wahid yang masih energik ini untuk membangun Riau menjadi lebih sejahtera lagi.

Bahkan ada relawan dari bakal calon gubernur lainnya yang rela beralih mendukung Bang Wahid ini, karena ia komunikatif dan banyak mendengar.

Baca Juga: Pilkada Riau 2024: Ada Relawan Syamsuar yang Beralih Mendukung Abdul Wahid

Dukungan kepada Bang Wahid ini juga datang dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau Ade Hartati.

"Saya sepakat untuk alih generasi dari tua ke muda dalam kepemimpinan. Saya menggambarkan bahwa ia orang sederhana, terbuka, memiliki pengalaman, mau mendengarkan dan tidak alergi dengan kritikan," kata Ade Hartati, Selasa 30 April 2024. (goriau.com, 1 Mei 2024).

-000-

Secara sosial, Bang Wahid adalah figur yang memiliki akar kuat di kalangan islam. Menurut Wikipedia.org, Bang Wahid yang lahir 21 November 1980 di Indragiri Hilir, Riau ini sebagian besar pendidikannya dia tempuh di lembaga pendidikan islam.

Hanya pendidikan sekolah dasar yang ia tempuh di lembaga pendidikan negeri. Selebihnya di Madrasah Tsanawiyah (SMP), Madrasan Aliyah (SLTA), dan perguruan tinggi islam.

Dalam berorganisasi pun, Bang Wahid amat mumpuni. Selain pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Bang Wahid adalah kader Nahdlatul Ulama (NU).

Pendidikan dan berorganisasi bernapas islam inilah yang membuat Bang Wahid banyak disokong oleh tokoh-tokoh islam baik lokal maupun nasional agar bisa memimpin Riau. ***

Berita Terkait