DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Natuna Geopark Ride 2024 yang Bertaraf Nasional Akan Digelar untuk Tarik Wisatawan ke Natuna, Kepulauan Riau

image
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat memberikan sambutan terkait kegiatan Natuna Geopark Ride 2024. (ANTARA/Muhamad Nurman)

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menggelar kegiatan Natuna Geopark Ride 2024 bertaraf nasional guna mempromosikan wisata di daerah itu.

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda di Natuna, Minggu, menjelaskan Natuna Geopark Ride 2024 merupakan kegiatan sport tourism atau olahraga yang dikombinasikan dengan wisata.

Kata Rodhial Huda, tujuan kegiatan Natuna Geopark Ride 2024 guna meningkatkan kunjungan wisata ke Natuna.\

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi: FIR Ruang Udara Kepulauan Riau dan Natuna Kini Resmi Diatur Indonesia

"Tentunya melalui kegiatan ini dapat mengenalkan Natuna ke masyarakat luar, sehingga bisa meningkatkan kunjungan dari luar untuk datang ke sini," ucap dia.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Natuna Hardinansyah mengatakan, sport tourism saat ini menjadi kegiatan yang ramai diminati. Oleh karena itu, pihaknya mencoba untuk mengikutinya dan kegiatan yang sama sudah pernah di laksanakan pada 2023.

Kata dia, hampir 30 persen peserta yang ikut kegiatan nasional itu berasal dari luar. Mereka sambung dia, merupakan anggota Women Cycling Community (WCC) yang merupakan komunitas pesepeda dari Jakarta.

Baca Juga: Prajurit TNI AU di Perbatasan Natuna Kepulauan Riau Evakuasi Pasien dari Kapal ke Pelabuhan Ranai

"Sekitar 60 orang wisatawan luar," ucap dia. Rute kegiatan di mulai di Pantai Piwang Kecamatan Bunguran Timur, melewati Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud RSA) kemudian ke Kecamatan Bunguran Selatan dan finis di Kecamatan Pulau Tiga.

"Panjang rute geopark ride ini kurang lebih 67 kilometer," ujar Hardinansyah.

Ia berharap dengan adanya kegiatan itu, objek wisata di Natuna juga dikenal oleh wisatawan mancanegara. "Semoga dengan adanya jegiatan ini kunjungan wisata di Natuna semakin ramai," imbuh dia.

Baca Juga: Tiga Kapal Perang TNI AL Latihan Siaga Tempur Saat Jaga Laut Natuna Utara, Perairan Terdepan Indonesia

Guna melindungi para peserta, sambung Hardinansyah, pihaknya telah menyediakan tenaga kesehatan, tenaga pendukung, asuransi dan saran lainnya.

"Kita asuransi selama satu minggu, guna melindungi para peserta," tuturnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait