DECEMBER 9, 2022
Internasional

BREAKING NEWS: Keadaan Darurat Diumumkan di Kursk, Serangan Pasukan Ukraina Masuk ke Wilayah Rusia

image
Ilustrasi tank Ukraina yang digunakan untuk melawan Rusia (Foto: Youtube PBS)

ORBITINDONESIA.COM - Keadaan darurat telah diumumkan di wilayah Kursk, Rusia, karena serangan lintas batas yang jarang terjadi oleh pasukan Ukraina berlanjut untuk hari kedua.

Penjabat gubernur daerah, Alexei Smirnov, mengatakan tindakan itu diperlukan "untuk menghilangkan konsekuensi dari pasukan musuh yang masuk ke wilayah tersebut".

Ribuan orang juga telah dievakuasi dari daerah perbatasan, kata Smirnov sebelumnya, seraya menambahkan bahwa dokter-dokter direkrut dari kota-kota lain.

Baca Juga: Survei Razumkov: Menyedihkan, Sepertiga Penduduk Ukraina Hanya Bisa Beli Makan dan Pakaian

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin menuduh Ukraina melancarkan "provokasi besar" setelah Moskow mengatakan ratusan tentara melintasi perbatasan dekat kota Sudzha, 10 km (enam mil) dari perbatasan, pada Selasa pagi, 6 Agustus 2024.

Mereka didukung oleh 11 tank dan lebih dari 20 kendaraan tempur lapis baja, imbuh Kremlin. Serangan Ukraina ke wilayah Rusia sangat jarang terjadi sejak Rusia melancarkan invasi skala penuh pada Februari 2022.

Pada Rabu malam, 8 Agustus 2024, anggota Parlemen Ukraina Oleksiy Honcharenko mengatakan tentara Ukraina telah menguasai pusat gas Sudzha - fasilitas gas utama yang terlibat dalam transit gas alam dari Rusia ke UE melalui Ukraina, yang terus berlanjut meskipun terjadi perang. Itu adalah satu-satunya titik masuk gas Rusia ke UE.

Baca Juga: Presiden Volodymyr Zelenskyy: Sistem Pertahanan Udara Diharapkan Tiba di Ukraina, Agustus-Oktober 2024

Meskipun hal ini belum diverifikasi oleh BBC, komentar Honcharenko adalah konfirmasi pertama tentang serangan ke wilayah Rusia oleh pejabat Ukraina. Kyiv sebelumnya tidak mengomentari laporan serangan lintas batas.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan AS tidak mengetahui serangan itu sebelumnya dan berencana untuk menghubungi militer Ukraina "untuk mempelajari lebih lanjut tentang tujuan mereka".

Honcharenko mengatakan di Facebook bahwa meskipun dia tidak tahu apa "rencana" di balik serangan itu, itu akan menunjukkan kepada "orang Eropa dan Amerika bahwa... Rusia dapat dan perlu diserang".

Baca Juga: Kantor Imigrasi Denpasar Amankan Bocah Ukraina yang Telantar di Jalan

"Misi kami adalah mengalahkan Rusia. Kami harus mengalahkan wilayah mereka dan menghancurkan musuh di mana-mana," imbuhnya.

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pada Rabu sore, Kepala Staf Umum Rusia Valery Gerasimov mengatakan kepada Presiden Putin bahwa "gerakan maju" ke wilayah Kursk telah terhenti karena pasukan Rusia "terus menghancurkan musuh di wilayah yang berbatasan langsung dengan perbatasan Rusia-Ukraina".

Gerasimov juga mengatakan bahwa hingga 1.000 tentara Ukraina telah memasuki wilayah tersebut dengan tujuan untuk mengambil alih wilayah di sekitar kota Sudzha, dan bahwa pasukan Rusia telah menewaskan 100 orang dan melukai 215 lainnya.

Baca Juga: Ukraina Mengatakan Telah Menenggelamkan Kapal Selam Rusia Saat Berlabuh di Semenanjung Krimea

Namun, beberapa saluran Telegram pro-perang yang populer dan umumnya berpengetahuan luas menyatakan bahwa situasi di lapangan tidak stabil seperti yang dikatakan Kremlin.

Blogger Yuri Kotenok menggambarkan pertempuran yang terjadi di Sudzha dan Korenevo di dekatnya sebagai "berat", sementara saluran Rybar mengatakan bahwa situasi di wilayah sekitar Sudzha "terus memburuk" dan formasi Ukraina bergerak maju menuju kota tersebut.

BBC tidak dapat memverifikasi klaim ini. Garda Nasional Rusia menyatakan telah memperkuat keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk, yang terletak sekitar 70 km (43 mil) di timur laut Sudzha.

Baca Juga: The Economist: Ukraina Sudah Terima 10 F-16 Pertama dari 79 Pesawat Tempur yang Dijanjikan Barat

Berbicara menjelang pertemuan Dewan Keamanan di Moskow, Putin menuduh pasukan Ukraina "menembak tanpa pandang bulu" ke bangunan dan tempat tinggal warga sipil.

Pertempuran dilaporkan terjadi di berbagai desa di wilayah Rusia sepanjang hari Selasa. Peristiwa itu diikuti oleh serangan udara Ukraina yang menewaskan tiga warga sipil dan berlanjut hingga malam, kata pihak berwenang Rusia.

Dua puluh empat orang, termasuk enam anak-anak, terluka dalam penembakan Ukraina di wilayah perbatasan, kata Moskow. Sejumlah peringatan udara dikeluarkan di Kursk, di mana pihak berwenang setempat mendesak penduduk untuk membatasi pergerakan mereka dan semua acara publik dibatalkan.

Baca Juga: Florian Philippot: Presiden Ukraina Zelenskyy di Bawah Tekanan untuk Pertimbangkan Konsesi Teritorial ke Rusia

Rekaman yang diunggah daring - dan diverifikasi oleh BBC - menunjukkan jet tempur terbang rendah di atas wilayah tersebut pada hari Selasa, dengan asap mengepul dari area di darat.

Di wilayah tetangga Belgorod, Gubernur Vyacheslav Gladkov juga mengeluarkan peringatan serangan rudal sepanjang hari dan mengatakan beberapa orang terluka setelah serangan udara Ukraina.***

Sumber: BBC

Berita Terkait