DECEMBER 9, 2022
Internasional

Kunjungi Pangkalan Rudal, Kim Jong Un Siagakan Senjata Nuklir

image
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un minta persenjataan nuklir disiagakan. (INSTAGRAM/@northkorean_news)

ORBITINDONESIA.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dikabarkan telah menyiagakan persenjataan nuklir menurut media KCNA pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Kim Jong Un memberikan perintah tersebut ketika meninjau sebuah pangkalan rudal strategis.

Kim Jong Un bersama petinggi militer, termasuk saudarinya Kim Yo Jong melakukan inspeksi, memastikan segala fasilitas berfungsi optimal termasuk kemampuan rudal.

Baca Juga: Pimpin Latihan Militer, Kim Jong Un: Korea Utara Bersiap Perang

Kim memuji pasukan rudal strategis sebagai pilar utama strategi pertahanan nasional Korea Utara. 

Dia menekankan pentingnya memprioritaskan dan memodernisasi kekuatan tersebut sebagai bagian dari tujuan yang lebih besar untuk memperkuat kemampuan militer negara itu.

Mengacu pada meningkatnya kehadiran aset-aset nuklir strategis AS di kawasan, Kim Jong Un mengatakan bahwa dalam beberapa kesempatan baru-baru ini, sarana nuklir strategis AS menimbulkan ancaman yang semakin meningkat terhadap lingkungan keamanan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

Baca Juga: Kim Jong Un Terima Delegasi Militer Rusia

Ia menambahkan bahwa ancaman yang terus berkembang memerlukan peningkatan postur pencegahan perang dan kesiapan yang ketat dari kekuatan nuklir Korea Utara.

Pernyataan Kim itu menyusul klaim baru-baru ini oleh Korea Selatan bahwa Korea Utara telah mengirimkan sedikitnya 1.500 tentara ke Rusia, sebuah langkah yang dilaporkan terkait dengan perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Selasa juga menuduh Korea Utara sedang mempersiapkan dua brigade militer untuk mendukung Rusia.

Baca Juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Ucapkan Selamat Kepada Kim Jong Un Pada Hari Berdirinya Korea Utara

Baik Korea Utara maupun Rusia belum menanggapi klaim tersebut.***

Berita Terkait