DECEMBER 9, 2022
Internasional

Wow, India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir Agni-4 yang Berjangkauan 4.000 Kilometer

image
Peluncuran rudal balistik India Agni-4 (Foto: Youtube.com)

ORBITINDONESIA.COM - India berhasil meluncurkan rudal balistik jarak menengah Agni-4 pada Jumat, 6 September 2024, menurut kementerian pertahanan (kemhan) negara itu.

Dalam pernyataannya, Kemhan India menyatakan bahwa peluncuran Agni-4 dilakukan dari Integrated Test Range di Chandipur, Odisha, di India bagian timur.

"Peluncuran ini berhasil memvalidasi semua parameter operasional dan teknis. Uji coba ini dilakukan di bawah naungan Komando Pasukan Strategis," kata kemhan India tentang uji coba Agni-4.

Baca Juga: Menlu Subrahmanyam Jaishankar: India Tunggu Pembebasan 69 Warganya yang Direkrut Menjadi Tentara Rusia

Agni-4 adalah rudal balistik darat-ke-darat yang mampu membawa hulu ledak nuklir dengan jangkauan 4.000 kilometer.

India sebelumnya juga sukses melakukan uji coba peluncuran rudal tersebut.

Agni-4 ("Api") adalah rudal keempat dalam seri rudal Agni yang sebelumnya dikenal sebagai Agni II Prime. Rudal ini dikembangkan oleh DRDO India dan menampilkan sejumlah teknologi baru dan peningkatan signifikan dalam teknologi rudal.

Baca Juga: India Sedang Kembangkan Vaksin Mpox, Diharapkan Tercapai Dalam Waktu Satu Tahun

Rudal ini ringan dan memiliki dua tahap propulsi padat dan muatan dengan pelindung panas re-entry. Dengan jangkauan 4.000 km, rudal ini mampu menyerang target di hampir seluruh daratan China, jika diluncurkan dari bagian timur laut India.

Rudal ini adalah salah satu dari jenisnya, membuktikan banyak teknologi baru untuk pertama kalinya, dan merupakan lompatan signifikan dalam teknologi rudal India. Rudal ini lebih ringan dan menggunakan mesin roket dua tahap yang ditenagai oleh propelan padat.

Motor Roket Komposit yang telah digunakan untuk pertama kalinya telah memberikan kinerja yang sangat baik. Sistem rudal dilengkapi dengan avionik modern dan kompak dengan redundansi untuk memberikan tingkat keandalan yang tinggi.

Baca Juga: Pemimpin Bangladesh Muhammad Yunus Meminta India Pastikan Mantan PM Sheikh Hasina Tetap Diam

Giroskop laser cincin buatan dalam negeri digunakan dalam akurasi tinggi dengan Sistem Navigasi Inersia Mikro (MINGS), yang saling melengkapi sebagai redundansi. 

Komputer onboard berkinerja tinggi dengan arsitektur Avionik terdistribusi, bus komunikasi andal berkecepatan tinggi, dan Sistem Kontrol Digital penuh telah mengendalikan dan memandu rudal ke sasaran. Rudal mencapai sasaran dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Radar dan sistem elektro-optik di sepanjang Pantai Odisha telah melacak dan memantau semua parameter rudal. Dua kapal Angkatan Laut India yang terletak di dekat sasaran menyaksikan peristiwa terakhir.***

Sumber: Antara

Berita Terkait