DECEMBER 9, 2022
Internasional

Sebanyak 61 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat ATR 72-500 Brasil di luar Sao Paulo

image
Pesawat Brasil yang jatuh di luar Sao Paulo (Foto: Aviation Week)

ORBITINDONESIA.COM - Sebuah pesawat penumpang Brasil yang membawa 61 orang jatuh di luar Sao Paulo pada Jumat sore, 9 Agustus 2024, menewaskan semua orang di dalamnya, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan Voepass.

Rekaman dramatis yang beredar di media sosial menunjukkan jatuhnya pesawat Brasil dan badan pesawat yang hancur terbakar di darat.

"Perusahaan menyesal untuk memberitahukan bahwa semua 61 orang di dalam pesawat 2283 meninggal di tempat kejadian," kata Voepass dalam sebuah pernyataan, merevisi jumlah korban tewas dari perkiraan awal 62 orang tewas. Ada 57 penumpang dan 4 awak di dalam pesawat Brasil itu, menurut Voepass.

Baca Juga: Presiden Iran Ebrahim Raisi Dipastikan Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter

"Tidak ada yang selamat," Ana Candida Briski, direktur komunikasi kota terdekat Valinhos, juga mengatakan kepada CNN, menambahkan bahwa tidak ada korban di darat.

Penanggap darurat bekerja di lokasi kecelakaan dan penyelidikan sedang dilakukan.

Data pelacakan penerbangan menunjukkan bahwa ATR 72-500, pesawat turboprop bermesin ganda, jatuh 17.000 kaki hanya dalam satu menit, tetapi belum jelas mengapa. "Masih belum ada konfirmasi tentang bagaimana kecelakaan itu terjadi atau situasi terkini orang-orang di dalamnya," menurut pernyataan maskapai penerbangan Voepass.

Baca Juga: Kedubes Iran di Jakarta Gelar Doa Bersama untuk Presiden Ebrahim Raisi yang Meninggal Dalam Kecelakaan Helikopter

Video kecelakaan di media sosial menunjukkan pesawat itu berputar keluar dari langit sebelum menghantam tanah sementara orang-orang di lingkungan itu berteriak ketakutan. Video lain menunjukkan puing-puing pesawat terbakar di tanah.

Menyela pidato di acara angkatan laut sore hari untuk membahas kecelakaan itu, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menyerukan hening cipta selama satu menit untuk mengenang kematian penumpang dan awak pesawat.

"Saya ingin semua orang berdiri agar kita dapat mengheningkan cipta selama satu menit karena sebuah pesawat baru saja jatuh di kota Vinhedo... dan tampaknya mereka semua meninggal," katanya, dalam sebuah video pernyataannya yang dibagikan di X.

Baca Juga: Tidak Ada Bukti Sabotase dalam Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Saat negara itu terguncang oleh tragedi tersebut, Lula da Silva kemudian mengumumkan tiga hari berkabung untuk para korban.

Pesawat itu meninggalkan Cascavel, di negara bagian Parana, Brasil, dan sedang dalam perjalanan ke Guarulhos, di negara bagian Sao Paulo, ketika kehilangan sinyal sesaat sebelum pukul 1:30 siang waktu setempat (12:30 siang ET), menurut data Flightradar24.

Pesawat itu mulai kehilangan ketinggian satu setengah menit sebelum jatuh. Pesawat itu telah melaju pada ketinggian 17.000 kaki hingga pukul 1:21 siang waktu setempat, ketika pesawat itu turun sekitar 250 kaki dalam 10 detik. Pesawat itu kemudian naik sekitar 400 kaki dalam waktu sekitar delapan detik.

Baca Juga: Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima Dipastikan Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Pesawat di Mzuzu

Delapan detik kemudian, pesawat itu kehilangan ketinggian hampir 2.000 kaki. Kemudian, dalam waktu sekitar satu menit, pesawat mulai turun dengan cepat — sekitar 17.000 kaki hanya dalam waktu satu menit.

Transmisi data terakhir dari pesawat terjadi pada pukul 1:22 siang waktu setempat.

Pihak berwenang telah menemukan kotak hitam di lokasi kecelakaan, kata Sekretaris Keamanan Sao Paolo Guilherme Derrite dalam sebuah konferensi pers. Sebuah tim medis berada di lokasi dan bekerja untuk mengidentifikasi para korban, banyak di antaranya yang mengalami luka bakar yang terlalu parah untuk dapat diidentifikasi secara visual, katanya.

Baca Juga: Basarnas Kendari Evakuasi Empat Orang Kecelakaan Kapal yang Tenggelam di Perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Tim telah memindahkan tiga jenazah pertama, dan untuk membantu mengidentifikasi jenazah, keluarga telah diminta untuk membagikan dokumentasi medis para korban "seperti pemeriksaan radiologi, medis, dan/atau gigi," kata sebuah pernyataan yang dirilis oleh pemerintah negara bagian Sao Paulo.

Para pejabat mengatakan kebakaran yang terjadi akibat kecelakaan tersebut telah terkendali. "Jenazah para korban dibawa ke IML (Lembaga Medis Hukum) di Campinas untuk proses hukum," kata Balai Kota Vinhedo dalam sebuah pernyataan.***

Sumber: CNN

Berita Terkait