DECEMBER 9, 2022
Internasional

Retno Marsudi: Sebagai Produsen Utama Gandum, Rusia Mitra Penting ASEAN Dalam Ketahanan Pangan

image
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis, 30 Juni 2022. (ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan bahwa Rusia, sebagai produsen utama gandum dan pupuk global, merupakan mitra penting bagi ASEAN dalam mendukung ketahanan pangan.

Pernyataan Retno Marsudi itu disampaikan pada Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia di Vientiane, Laos, Jumat, 26 Juli 20-24, yang sekaligus menandai 20 tahun bergabungnya Rusia dalam Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) dengan ASEAN.

“Perayaan simbolis semata tidak cukup. Kita harus fokus mendorong kerja sama konkret,” kata Retno Marsudi dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI tentang hubungan Rusia dan ASEAN.

Baca Juga: Angkatan Laut China dan Rusia Latihan Bersama di Kawasan Laut China Selatan

Selain kerja sama di bidang pertanian, ujarnya, ASEAN dan Rusia perlu bekerja sama dalam membangun ketahanan rantai pasokan pangan, terutama dalam menghadapi masa krisis.

Lebih lanjut, Menlu Retno mendorong peran Rusia dalam menjembatani kerja sama ASEAN dengan Uni Ekonomi Eurasia (EAEU).

“Dengan total populasi lebih dari 850 juta orang, potensi kerja sama ASEAN dan EAEU sangat besar, termasuk dalam perdagangan, investasi, ekonomi digital, keamanan siber, dan keberlanjutan,” katanya.

Baca Juga: Kim Jong Un Terima Delegasi Militer Rusia

Dalam memajukan perdamaian dan multilateralisme, Indonesia mengharapkan dukungan Rusia untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik, termasuk melalui dukungan bagi Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (AOIP).

“Indonesia mengharapkan Rusia untuk segera melakukan aksesi terhadap Protokol Traktat Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ),” ujar Retno.

Sementara itu terkait Palestina, menlu Brunei Darussalam dan menlu Malaysia memiliki pandangan yang sejalan dengan Indonesia bahwa Rusia, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, harus dapat mendorong solusi yang adil dan berkelanjutan bagi Palestina. 

Baca Juga: Kanselir Olaf Scholz: Jerman Izinkan Ukraina Serang Wilayah Rusia Dengan Senjata yang Disuplai Berlin

Dorongan, menurut mereka, perlu dilakukan antara lain dengan menindaklanjuti fatwa Mahkamah Internasional yang terbit pada 19 Juli 2024 serta dalam mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Sebagai teman bagi Rusia dan Ukraina, Retno mengatakan Indonesia ingin melihat Eropa Timur yang damai dan akan terus mendorong terciptanya solusi damai untuk konflik yang tengah berlangsung.

Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia mengesahkan pernyataan bersama soal Peringatan 20 tahun Aksesi Rusia pada TAC.

Baca Juga: Menlu Sergey Lavrov: Rusia dan China Bekerja Sama Ciptakan Tatanan Dunia Multipolar yang Lebih Adil

Menlu Rusia Sergey Lavrov menandatangani instrumen TAC pada 29 November 2004.***

Sumber: Antara

Berita Terkait