DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Denny JA Luncurkan Program Desa Kreator Cerdas AI yang Pertama di Doplang Blora

image
Perangkat Desa Doplang bersama peserta pelatihan program Desa Kreator Cerdas AI. (Istimewa)

ORBITINDONESIA.COM - Pendiri Forum Kreator Era AI, Denny Januar Ali atau yang akrab disapa Denny JA, meluncurkan Desa Kreator Cerdas AI (Artificial Intelligence) di Balai Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.

Peluncuran Desa Kreator Cerdas AI di Desa Doplang tersebut digelar pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Acara tersebut juga diisi tentang pelatihan pemanfaatan teknologi AI yang dikenal sebagai kecerdasan buatan, untuk mendukung Desa Kreator Cerdas AI.

Baca Juga: Denny JA Bentuk Forum Kreator Era Artificial Intelligence: Segera Terbentuk Dari Sumatra Sampai Papua

Pelatihan tersebut dibimbing oleh Sekretaris Forum Kreator Era AI Jawa Tengah Gunawan Trihantoro.

Denny JA dalam sambutannya yang disampaikan dalam sebuah video mengatakan pentingnya pemanfaatan AI dalam pemberdayaan masyarakat saat ini.

Menurut Denny JA, pemanfaatan teknologi AI tidak terbatas untuk menghasilkan karya.

Baca Juga: Kreator Era AI Diskusikan AI Bikin UMKM Pintar Produktif dan Profit dengan Narasumber Bari Arijono

Namun lebih dari itu, AI dapat membantu meningkatkan potensi dan daya saing sektor unggulan, misal pariwisata sehingga dapat memajukan desa.

Senada, Sekretaris Forum Kreator Era AI Jawa Tengah Gunawan Trihantoro mengatakan bahwa tujuan diluncurkannya program tersebut yakni memperkenalkan sekaligus meningkatkan kemampuan masyarakat desa setempat, khususnya para kaum mudanya dalam berkarya dengan memanfaatkan AI.

Gunawan menerangkan, karya yang dapat dipadukan dengan teknologi AI beraneka macam. Mulai dari karya lukis, musik hingga tulisan.

Baca Juga: Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar: AI Dapat Membantu Pelaku UMKM Membuat Keputusan Bisnis Lebih Baik

“Pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan baru bagi para pemuda serta memberikan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan," kata Gunawan kepada peserta pelatihan.

"Kami berharap, agar para kreator AI ini nantinya bisa menghasilkan karya yang tidak hanya bernilai estetis atau artistik, tetapi juga mampu mempromosikan potensi desa mereka secara lebih luas melalui platform digital,” ujarnya. 

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan dasar yang mencakup pembuatan musik, melukis, dan menulis dengan asistensi AI. 

Baca Juga: SMK Muhammadiyah Cepu Segera Luncurkan Kelas Kreator Cerdas Artificial Intelligence Kolaborasi Forum Kreator Era AI

Dengan penuh semangat, mereka mempelajari cara-cara memanfaatkan AI untuk menghasilkan karya-karya kreatif.

Pelatihan ini tidak hanya membekali mereka dengan keterampilan baru, tetapi juga memberikan pemahaman tentang bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dalam aktivitas sehari-hari untuk tujuan produktif.

Sementara itu, Kepala Desa Doplang Agus Supriyono menyambut baik inisiatif ini.

Baca Juga: Denny JA akan Luncurkan Kelas Kreator Cerdas Artificial Intelligence di SMK Muhammadiyah Cepu

Menurutnya, program Desa Kreator Cerdas AI selaras dengan visi desa yang sedang mengembangkan diri menuju Desa Wisata. 

"Kolaborasi dengan Forum Kreator Era AI Jawa Tengah ini sangat penting bagi kami, terutama dalam era digital seperti sekarang. 

Platform digital akan memudahkan kami untuk memperkenalkan potensi wisata budaya desa ke khalayak yang lebih luas. 

Baca Juga: Denny JA Resmikan Program Kelas Kreator Cerdas Artificial Intelligence di SMK Muhammadiyah Cepu

Kami berharap para pemuda kreator AI ini bisa menjadi ujung tombak dalam mempromosikan Desa Doplang sebagai destinasi wisata berbasis teknologi," ujarnya. 

Menurut Agus, Desa Doplang menjadi satu-satunya desa di Indonesia yang memiliki Kreator Cerdas AI. 

Hal ini membanggakan, karena membuat  menjadi pionir dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam pengembangan komunitas desa. 

Baca Juga: Seminar Kemajuan Teknologi Kreator Era Artificial Intelligence di Sumatra Barat Jadi Ajang Berbagi Pengalaman

Ini merupakan langkah revolusioner bagi kebangkitan desa di era AI saat ini, di mana teknologi tidak hanya hadir di kota-kota besar tetapi juga menjangkau desa-desa yang memiliki potensi besar untuk berkembang.

Agus juga menekankan, pelatihan AI ini memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk lebih berperan dalam pengembangan desa. 

Para kreator AI ini nantinya diharapkan dapat memanfaatkan platform digital untuk mensosialisasikan potensi wisata dan budaya desa mereka, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Baca Juga: Kreator Era AI dan SATUPENA Akan Diskusikan Lukis Literasi Berbantuan AI dengan Narasumber Pelukis Fraktal A. Mufti

Dengan peluncuran Desa Kreator Cerdas AI, demikian Agus, Desa Doplang menapaki langkah baru sebagai pelopor desa berbasis teknologi AI di Kabupaten Blora. 

Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam mengintegrasikan teknologi AI dengan pengembangan pariwisata lokal. 

Para peserta yang telah dibekali keterampilan AI diharapkan mampu membawa Desa Doplang menuju masa depan yang lebih inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga: Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar: AI Dapat Ciptakan Gabungan Motif Batik Tradisional dan Elemen Modern

"Desa Doplang kini tak hanya menjadi saksi awal dari program kreatif ini, tetapi juga menandai kebangkitan desa dalam memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membangun identitas sebagai desa wisata budaya yang berbasis teknologi AI.***

Berita Terkait