DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar: AI Dapat Ciptakan Gabungan Motif Batik Tradisional dan Elemen Modern

image
Satrio Arismunandar (Foto: koleksi pribadi)

ORBITINDONESIA.COM –  AI atau kecerdasan buatan (artificial intelligence) dapat digunakan untuk menciptakan pola fractal, yang menggabungkan motif batik tradisional dengan elemen geometris modern. Hal itu dikatakan Sekjen SATUPENA, Satrio Arismunandar.

Satrio Arismunandar menanggapi tema diskusi Lukis Literasi Berbantuan AI. Diskusi daring di Jakarta, Kamis malam, 10 Oktober 2024 itu diadakan oleh Kreator Era AI berkolaborasi dengan Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, yang diketuai penulis senior Denny JA.

Diskusi yang dikomentari Satrio Arismunandar itu akan menghadirkan narasumber A. Mufti, pelukis fractal AI. Diskusi itu akan dipandu oleh Jonminofri Nazir dan Mila Muzakkar.

Baca Juga: Puisi Satrio Arismunandar: Muhammad Sang Pembawa Cahaya

Satrio mengungkapkan, batik adalah bentuk seni kain tradisional Indonesia. Dengan menggabungkan motif batik tradisional dengan elemen geometris modern, AI bisa menghasilkan karya batik kontemporer yang tetap menghormati tradisi.

Ditambahkan oleh Satrio, dalam industri fashion tinggi (haute couture), AI bisa membantu desainer menciptakan pola kain yang kompleks, unik, dan menonjol, cocok untuk pakaian eksklusif.

“AI bisa digunakan untuk mengeksplorasi kemungkinan estetika baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh manusia,” ujar Satrio.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar: Paus Fransiskus Membawa Nilai Inklusif dan Persatuan Antarumat Beragama

“Dengan unsupervised learning, AI dapat menemukan kombinasi dan variasi pola fractal yang segar dan inovatif, mendorong batas kreativitas dalam dunia desain tekstil,” tuturnya.

Satrio mengungkapkan, AI mampu menghasilkan pola secara otomatis, mengoptimalkan desain, dan menghasilkan variasi tanpa batas. “Teknologi ini dapat membantu desainer kain yang ingin menciptakan pola-pola fractal yang inovatif, unik, dan estetis,” ucapnya.

“Kombinasi antara AI dan metode fractal memungkinkan eksplorasi kreatif yang lebih bebas, mempercepat proses desain, dan menghadirkan karya kain yang menarik dengan detail matematis yang rumit,” lanjut Satrio.

Baca Juga: Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar: AI Dapat Membantu Pelaku UMKM Membuat Keputusan Bisnis Lebih Baik

Kata Satrio, AI dapat membantu desainer menciptakan pola-pola kain fractal berdasarkan preferensi atau masukan pengguna, dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP).

“Melalui NLP, AI dapat memahami deskripsi verbal pengguna tentang pola yang mereka inginkan dan secara otomatis menghasilkan pola fractal yang sesuai. AI kemudian akan menghasilkan desain berdasarkan deskripsi ini dan menawarkan beberapa variasi kepada desainer,” jelas Satrio.

Misalnya, ujar Satrio, desainer dapat memberikan arahan tentang jenis pola, seperti: “Saya ingin pola fractal yang menyerupai cabang pohon."

Baca Juga: Satrio Arismunandar: Festival Penulis Ubud Bisa Dorong Kolaborasi Kreatif antara Penulis, Seniman, dan Profesi Lainnya

“Atau tentang gaya, misalnya: saya ingin pola yang lebih organik dan lembut dengan banyak kurva. Juga, tentang warna, seperti: gunakan kombinasi warna hangat, seperti merah dan oranye," Satrio menjelaskan. ***

Sumber: Satupena

Berita Terkait