DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar: Paus Fransiskus Membawa Nilai Inklusif dan Persatuan Antarumat Beragama

image
Paus Fransiskus di mata Satrio Arismunandar (Foto: Vatican News)

ORBITINDONESIA.COM  Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut hangat karena pandangan dan nilai-nilainya yang inklusif, yang menekankan persatuan antarumat beragama. Hal itu dikatakan Sekjen SATUPENA, Satrio Arismunandar.

Satrio Arismunandar menanggapi tema diskusi tentang makna kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Diskusi daring di Jakarta, Kamis malam, 19 September 2024 itu diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, yang diketuai penulis senior Denny JA.

Diskusi yang dikomentari Satrio Arismunandar itu akan menghadirkan narasumber Romo Yohanes Wahyu Prasetyo OFM. Diskusi itu akan dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitriani.

Baca Juga: Tafsir Hermeneutika Lukisan Karya Denny JA: Menyingkap Makna Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Satrio Arismunandar mengungkapkan, ada beberapa pandangan dan nilai universal yang mencerminkan pendekatan Paus Fransiskus terhadap semua agama.

“Paus Fransiskus sering menekankan konsep persaudaraan manusia tanpa memandang agama, ras, atau latar belakang budaya,” ujar Satrio.

Dalam ensikliknya Fratelli Tutti (2020), kata Satrio, Paus Fransiskus menyerukan persatuan antarumat manusia sebagai satu keluarga besar, di mana setiap individu dipanggil untuk mencintai dan menghormati sesamanya.

Baca Juga: Ekonom UI Teguh Dartanto: Kunjungan Paus Fransiskus Momentum untuk Menekan Kesenjangan Sosial

Perdamaian adalah nilai inti yang dipegang oleh Paus Fransiskus. Ia mendorong dialog antaragama sebagai sarana untuk menghindari konflik dan mencapai rekonsiliasi di dunia yang penuh dengan perpecahan.

“Paus sering mengadakan pertemuan dengan pemimpin agama lain, baik Islam, Yahudi, maupun agama lainnya, untuk mempromosikan kerja sama demi perdamaian dunia,” lanjut Satrio.

Dalam ajaran Katolik, Paus Fransiskus sangat vokal tentang pentingnya membela mereka yang tertindas dan hidup dalam kemiskinan. Ia memandang keadilan sosial sebagai nilai universal yang relevan bagi semua agama.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Mencari Dua Karakter Paus Fransiskus

“Setiap agama memiliki ajaran yang menekankan bantuan kepada yang membutuhkan, dan Paus menghubungkan nilai ini dengan panggilan spiritualitas yang lebih luas,” Satrio menjelaskan.

Selain itu, tutur Satrio, Paus Fransiskus menegaskan bahwa menjaga alam adalah tanggung jawab bersama semua umat manusia.

Dalam ensikliknya Laudato Si' (2015), Paus menyoroti krisis lingkungan dan meminta semua komunitas agama untuk bersama-sama bertindak menjaga bumi sebagai rumah bersama, terlepas dari perbedaan keyakinan.

Baca Juga: SATUPENA Akan Diskusikan Makna Kedatangan Paus Fransiskus dengan Narasumber Romo Yohanes Wahyu Prasetyo

“Banyak agama, termasuk Islam, Hindu, Buddha, dan lainnya, memiliki prinsip menghormati alam, sehingga pesan ini bersifat universal,” sambung Satrio.

Paus sering berbicara tentang pentingnya solidaritas dalam menghadapi masalah global seperti pengungsi, kemiskinan, dan pandemi.  “Ia menekankan bahwa tantangan ini hanya dapat diselesaikan jika umat manusia bekerja sama, tanpa memandang agama atau kepercayaan,” Satrio menyimpulkan. ***

Berita Terkait