DECEMBER 9, 2022
Nasional

DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

image
Eliano Reijnders (kiri) dan Mees Hilgers (kanan). (transfermakt.co.id)

ORBITINDONESIA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kamis 19 September 2024 menyetujui naturalisasi dua pesepak bola keturunan Indonesia berpaspor Belanda, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Persetujuan itu diambil dalam Rapat Paripurna Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, Kamis.

"Kami meminta persetujuan kepada rapat paripurna hari ini, apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers dapat disetujui?," ujar pemimpin rapat paripurna Wakil Ketua DPR RI H Lodewijk F Paulus di kompleks Parlemen RI di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Erick Thohir: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diusahakan Membela Timnas Indonesia Melawan Bahrain dan China

Begitu mendengar pertanyaan Lodewijk Paulus, seluruh peserta rapat mengatakan "setuju" dan respons tersebut dijadikan keputusan DPR RI.

"Terima kasih. Selanjutnya persoalan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," kata Lodewijk.

Sebelum menanyakan tentang persetujuan, ia juga menyampaikan bahwa pewarganegaraan kedua pesepak bola itu sudah disepakati pula oleh Komisi III dan X DPR RI.

Baca Juga: Menpora Dito Ariotedjo Kawal Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dengan demikian, pewarganegaraan Eliano dan Mees tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo.

Ketika Keppres sudah terbit, Eliano dan Mees harus mengucapkan sumpah setia sebagai warga negara Indonesia. ***

Berita Terkait