DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Menpora Dito Ariotedjo Kawal Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

image
Eliano Reijnders (kiri) dan Mees Hilgers (kanan). (Okezone.com)

ORBITINDONESIA.C0M - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo akan mengawal naturalisasi dua pesepak bola keturunan Indonesia asal Belanda Eliano Reijnders dan Mees Hilgers setelah pewarganegaraan mereka disetujui Komisi III DPR RI.

"Kami kawal sampai diberikan kewarganegaraan," ujar Dito dikutip dari laman web Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta, Rabu 18 September 2924.

Pada Selasa, Menpora Dito dan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Supratman Andi Agtas rapat di Komisi III DPR RI untuk naturalisasi Eliano dan Mees.

Baca Juga: Pesepak Bola Berpaspor Belanda Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Akan Dinaturalisasi, Erick Thohir: Sudah Bersalaman

Hasilnya, Komisi III DPR setuju agar kedua pemain tersebut menjadi WNI.

"Kami telah mendengarkan pertimbangan Menpora terhadap dua atlet Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. Kepada Pak Menpora, mungkin semua data telah diperiksa dan sudah clear. Semua setuju, ya," kata Pimpinan Rapat Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh bersama Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir.

Dito memberi apresiasi kepada Komisi III DPR RI untuk naturalisasi tersebut.

Baca Juga: Inilah Eliano Reijnders Lekatompessy Berdarah Maluku yang Akan Dinaturalisasi Jadi Pemain Timnas Indonesia

Selanjutnya, naturalisasi Mees dan Eliano akan dilaksanakan di Komisi X DPR RI. Ketika disetujui Komisi X, DPR RI akan membawanya ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi keputusan DPR RI.

Setelah itu, mereka dapat diantar ke meja Presiden Joko Widodo.

Kalau Presiden sepakat, akan dikeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) soal pewarganegaraan Eliano dan Mees.

Baca Juga: Inilah Mees Hilgers Berdarah Sulawesi Utara yang Akan Dinaturalisasi Jadi Pemain Timnas Indonesia

Semua prosesnya diakhiri dengan pengucapan sumpah di Kementerian Hukum dan HAM serta pembuatan kartu tanda penduduk (KTP).

Dito menyatakan, naturalisasi Eliano dan Mees memiliki tujuan jangka pendek dan panjang.

Jangka pendeknya adalah mereka dapat memperkuat tim nasional (Timnas) di turnamen internasional kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Baca Juga: Klub Liga Belanda Eredivisie FC Twente Unggah Mees Hilgers Berseragam Merah Timnas dengan Latar Lagu Indonesia Raya

Jangka panjangnya, mereka dan pemain naturalisasi lainnya diharapkan membawa Timnas Indonesia ke peringkat 100 besar FIFA atau 10 besar Asia.

Eliano Reijnders (23 tahun) adalah pemain klub Liga Belanda Eredivisie PEC Zwolle dengan posisi bek kanan atau kiri.

Ia adalah adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda Tijjani Reinders.

Baca Juga: Erick Thohir: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diusahakan Membela Timnas Indonesia Melawan Bahrain dan China

Eliano dan Tijjani termasuk keturunan Indonesia karena  ibu mereka, Syane Lekatompessy, berdarah Indonesia.

Sedangkan Mees Hilgers (23 tahun), adalah bek tengah klub Eredivisie Twente FC. Sama seperti Eliano, Mees Hilgers juga memiliki ibu berdarah Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Utara. ***

Berita Terkait