DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Sandiaga Uno Dukung The 1st Indonesia Quality Tourism Conference di Bali Akhir Agustus 2024

image
(OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung The 1st Indonesia Quality Tourism Conference sebagai upaya memperkuat pengembangan pariwisata berkelanjutan di Tanah Air.

Sandiaga Uno di The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta , Senin 19 Agustus 2024, mengatakan, konferensi yang akan digelar di Bali pada 29-30 Agustus 2024 untuk pertama kalinya ini adalah salah satu upaya mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

"Kebetulan waktunya sangat timely karena saya dan Pak Menko (Maritim dan Investasi) mau menerapkan quality tourism yang lebih transformatif di destinasi," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Salahuddin Uno: Penutupan Taman Nasional Komodo Pada 2025 Tak Pengaruhi Target Wisatawan

Konferensi mengusung tema Building Quality Tourism Experiences Through Sustainable Practices and Collaborative Innovation ini adalah kolaborasi antara Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Bank Indonesia, serta World Economic Forum (WEF).

Acara ini akan diikuti 300 peserta dari berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, asosiasi pariwisata, akademisi, industri pariwisata, dan organisasi internasional.

Acara ini diharapkan mampu memperkuat pola pikir pengembangan pariwisata berkelanjutan dan meningkatkan travel tourism development index (TTDI) Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Setuju Usulan Menghapus Pajak Tiket Penerbangan

Direktur Manajemen Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indra Ni Tua, menambahkan, kenaikan peringkat TTDI Indonesia dari 32 dunia menjadi 22 dunia akan memberi dampak positif kepada pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo Manuhutu, menyebut, event ini adalah salah satu implementasi dari ASEAN Tourism Agreement  2002 terkait quality tourism.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Persiapan Program Restrukturisasi Perbankan dan Hubungan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Arinto Wicaksono. ***

Berita Terkait