DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Sandiaga Uno Usul Dana Abadi Pariwisata Bisa untuk MotoGP Sampai Java Jazz

image
Sandiaga Salahuddin Uno setelah Road to: Run For Independence Day 2024 di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu 14 Juli 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah mengusulkan bahwa dana abadi pariwisata Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF) Rp2 triliun dapat dipakai untuk kompetisi olahraga sampai festival musik.

Ia menyebut, nantinya penentuan event akan diputuskan oleh Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI tahun 2024-2029 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kemarin yang kita usulkan MotoGP, F1 Powerboat, Aquabike World Championship, World Surf League, dan beberapa kegiatan lainnya,” ungkap Sandiaga Uno dalam Road to : Run For Independence Day 2024 di kawasan GBK, Jakarta, Minggu 14 Juli 2024.

Baca Juga: Sandiaga Salahuddin Uno: Sumatra Selatan Jadi Bagian Penguat Sektor Pariwisata Indonesia

Sandiaga menegaskan bahwa dana abadi pariwisata IQTF akan dipakai untuk mendanai berbagai acara yang fokus di sektor pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Dana abadi pariwisata tersebut akan dikelola oleh Badan Layanan Usaha (BLU) milik Kementerian Keuangan, yaitu Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Sandiaga melanjutkan, penyusunan Rancangan Peraturan Presiden untuk dana abadi pariwisata diperkirakan akan selesai Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Gelora Bung Karno akan Dikelola BUMN dan Masuk Proyek Strategis Nasional: Taman Mini Jadi Model

Dana awal kelolaan dari dana abadi pariwisata adalah senilai Rp2 triliun, yang akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025, yang akan dimasukkan ke dalam RAPBN tahun 2025.

Sandiaga Uno menyebut dana pariwisata masih dalam kajian dan mengumpulkan beberapa opsi untuk pengumpulan dana, serta besaran dana yang dimaksud.

Dana abadi pariwisata, lanjutnya, bakal dimanfaatkan untuk tujuan promosi branding nasional dalam mendukung keberlangsungan kegiatan berskala nasional dan internasional. ***

Berita Terkait