DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Sandiaga Salahuddin Uno: Sumatra Selatan Jadi Bagian Penguat Sektor Pariwisata Indonesia

image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai membuka Festival Sriwijaya 2024 di Palembang, Jumat, 21 Juni 2024. ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Sumatra Selatan menjadi salah satu bagian daerah yang mendukung penguatan sektor pariwisata Indonesia.

Sandiaga Salahuddin Uno usai membuka Festival Sriwijaya 2024 di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat, 21 Juni 2024 mengatakan, saat ini pariwisata Indonesia menduduki peringkat ke-22 dari 119 negara berdasarkan Travel and Tourism Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF).

"Indonesia naik 10 peringkat dari sebelumnya di posisi ke-32. Sekarang menuju 20 besar punya, jadi terima kasih. Sumatra Selatan juga telah menjadi bagian daripada penguatan sektor pariwisata Indonesia," kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca Juga: Sandiaga Uno Harap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur Jadi Pusat Pariwisata Hijau

Ia menjelaskan, kenaikan peringkat Indonesia dalam Indeks Pariwisata tersebut dinilai berdasarkan dari indikator ketertarikan masyarakat dari berbagai lini.

"Indikator yang kita mendapatkan peningkatan yang signifikan itu adalah indikator ketertarikan dari segi alam, budaya dan juga prioritasasi dari kebijakan pemerintah untuk mengurus utamakan pariwisata sebagai ekonomi inti untuk menyejahterakan masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Sandiaga mengatakan Festival Sriwijaya merupakan bagian dari Karisma Event Nasional (KEN). Festival itu tidak hanya mendukung indeks pariwisata akan tetapi juga dapat menjadikan perputaran indeks ekonomi.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Tidak Ada Toleransi kepada Orang Asing yang Bekerja dengan Visa Turis

"Banyak sekali perputaran ekonomi yang dapat dihasilkan dalam iven ini, terutama kekayaan ekonomi kreatif seperti kopi dan pemberdayaan kesenian yang diangkat menjadi film," kata dia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait