DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Gibran Uji Coba Makan Gratis dengan Menu Rp14.900 di Bogor

image
Gibran Rakabuming Raka di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 23 Juli 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menguji coba program makan bergizi gratis dengan menu Rp14.900 di SDN Sentul 03 dan 02, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 23 Juli 2024.

"Menu hari ini  sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, sama susu,” kata Gibran usai meninjau makan gratis.

Uji coba ini, katanya, sebagai klarifikasi bahwa anggarannya akan dipotong sampai Rp7.500 sebagai kabar tidak benar.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Mundur Selaku Wali Kota Solo

Ia memastikan bahwa anggaran program makan bergizi gratis tidak dikurangi.

"Untuk anak-anak kita, untuk generasi penerus bangsa anggarannya tidak boleh pelit. Menunya beda, tapi tidak mungkin anggarannya dikurangi sampai Rp7.500," ungkap Gibran.

Menurutnya, program ini akan terus diuji coba sampai Oktober 2024 menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029.

Baca Juga: Bacakan Surat Pengunduran Diri Sebagai Wali Kota Solo, Gibran Dihadiahi Keris

Selama tahapan uji coba, makan siang bergizi ini dilakukan dengan berbagai skema, sampai dipilih skema yang paling efektif.

Berbagai skema itu, mulai dari memanfaatkan UMKM, warung-warung kecil, Warteg, sampai katering kecil dalam pengadaan makanannya.

Ketika meninjau makan gratis, Gibran didampingi Presiden Gojek Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Bambang Widodo Tawekal.

Baca Juga: Teguh Prakosa Dilantik Jadi Wali Kota Solo Malam Ini Gantikan Gibran

Di lokasi, Gibran membagikan langsung paket makanan dengan menu nasi putih, ayam goreng, sayur, buah, dan susu itu kepada para pelajar di ruang-ruang kelas.

Ratusan paket makanan Program Makan Bergizi Gratis ini diantar ke sekolah memakai layanan pesan antar Gojek, dengan mengerahkan puluhan pengemudi ojek online. ***

Berita Terkait