DECEMBER 9, 2022
Internasional

PM Ceko Petr Fiala: Eropa Harus Lebih Bertanggungjawab untuk Keamanannya Sendiri Daripada Andalkan AS

image
Arsip - Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan salam bersama PM Republik Ceko Petr Fiala (kiri) saat menerima kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

ORBITINDONESIA.COM - Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala mengatakan bahwa Eropa harus lebih bertanggung jawab atas keamanannya sendiri daripada mengandalkan Amerika Serikat (AS), yang tengah berkutat dengan proses pemilihan presiden pada November mendatang.

"Saya yakin, sebagai ilmuwan politik dan juga sebagai politisi, bahwa Eropa harus lebih bertanggung jawab atas keamanannya sendiri," kata Petr Fiala dalam wawancara dengan The Guardian, pada Rabu, 17 Juli 2024.

Petr Fiala menambahkan, tidak mungkin dan juga tidak baik jika Eropa selalu berharap atau percaya bahwa keamanan negara-negara di kawasan tersebut dijamin oleh Amerika Serikat

Baca Juga: Tuhan Tidak Laku di Lima Negara Ini: China, Jepang, Swedia, Ceko, dan Estonia

"Kita harus lebih bertanggung jawab, kita harus lebih peduli terhadap pertahanan kita, kita harus meningkatkan pengeluaran pertahanan kita," kata Fiala.

PM Republik Ceko tersebut menambahkan bahwa tidak penting siapa yang akan memimpin Amerika Serikat berikutnya - Presiden petahana Joe Biden atau mantan Presiden Donald Trump - karena "Amerika Serikat memiliki kepentingan lain yang berbeda di dunia ini."

Financial Times sebelumnya melaporkan bahwa Eropa khawatir tentang melemahnya kerja sama keamanan dengan AS dan berakhirnya dukungan Washington untuk Ukraina di tengah-nominasi JD Vance sebagai calon wakil presiden dari Partai Republik dan dalam hal kemenangan Trump dalam pemilihan.

Baca Juga: Wadan Korps Marinir TNI AL Brigjen TNI Suherlan Cek Uji Coba Senjata Serbu AKM Buatan Ceko di Surabaya

Pemilihan presiden AS akan berlangsung pada 5 November.***

Sumber: Antara

Berita Terkait