DECEMBER 9, 2022
Nasional

Kementerian PUPR: Istana di IKN Siap Ditempati Presiden Jokowi Jika Mau Menginap pada 17 Agustus 2024

image
Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga memberi keterangan ketika ditemui di Kantor PUPR, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024. ANTARA/Putu Indah Savitri

ORBITINDONESIA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, istana kepresidenan di Ibu Kota Nusantara siap ditempati oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) apabila ingin menginap di IKN pada 17 Agustus 2024.

“Kami siapkan itu (Istana),” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga ketika ditemui di Kantor PUPR, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

Meskipun demikian, ia belum mengetahui apakah Presiden Jokowi akan menginap di IKN pada perayaan 17 Agustus mendatang.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Kerja Sama Sister City Astana, Ibu Kota Kazakhstan dan IKN Nusantara

Yang jelas, kata dia, pihak PUPR sudah menyiapkan istana apabila Jokowi memutuskan untuk tidur di istana kepresidenan.

Danis menjelaskan bahwa progres gedung Istana Presiden sudah mencapai angka 73 persen per 6 Juni 2024.

Secara keseluruhan, Danis menjelaskan bahwa kawasan Istana Presiden di IKN yang terdiri dari lapangan upacara dan kantor presiden sudah mencapai angka 80 persen.

Baca Juga: Majelis Rakyat Papua dari 6 Provinsi di Papua Dukung Pembangunan IKN di Kalimantan Timur

Danis bahkan mengatakan progres Kantor Presiden sendiri kini sudah mencapai angka 89,99 persen.

“Hampir 90 (persen), ya, 89,9 persen. Kontrak (penyelesaiannya) nanti sampai Oktober. Sampai akhir Oktober atau November. Sekarang 90 persen memang sudah berfungsi,” kata Danis.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Baca Juga: Komnas HAM Usul Tambah Anggaran Rp37,15 Miliar untuk 2025 Guna Mengawal Pembangunan IKN

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan, Upacara HUT Ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa yang menjadi alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi, karena saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

Baca Juga: BNPT Bantu Penguatan Pengamanan Kilang Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur Jelang HUT RI di IKN

Jokowi mengatakan jika sudah ada Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN maka upacara 17 Agustus 2025 akan digelar di IKN. ***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait