DECEMBER 9, 2022
Internasional

Duta Besar Jose Antonio Morato Tavares: Orang Rusia Datang ke Nusantara Beritikad Baik, Bukan Menjajah

image
Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Antonio Morato Tavares berbicara secara online dari Moskow dalam seminar internasional "Indonesia-Rusia: Dari Masa Lalu ke Masa Depan, Perspektif Historis dan Geopolitik” yang diselenggarakan oleh Kedutaan Rusia di Jakarta, Selasa 24 September 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Antonio Morato Tavares menyoroti, orang Rusia pada zaman dulu datang ke kepulauan Nusantara beritikad baik.

“Mereka datang sebagai pengunjung, sebagai penjelajah dan ilmuwan, bukan sebagai penjajah,” kata Dubes Jose dalam acara seminar internasional “Indonesia-Rusia: Dari Masa Lalu ke Masa Depan, Perspektif Historis dan Geopolitik” di Jakarta, Selasa 24 September 2024.

Dia menyampaikan hal tersebut berdasarkan buku yang ditulis oleh orang Rusia bernama Modest Modestovich Bakunin berjudul “Tropical Holland: Five Years on the Island of Java” dan terbit pada 1902.

Baca Juga: Parlemen Uni Eropa Menyetujui Resolusi Ukraina Boleh Menyerang Lebih Dalam ke Wilayah Rusia

Jose menambahkan, Rusia telah membantu Indonesia secara diplomatis dan adil dalam perjuangan kemerdekaan, serta memberikan bantuan dalam membangun banyak infrastruktur.

“Ini meninggalkan warisan dan rasa persahabatan yang positif dari seorang teman lama yang dengannya kita dapat membangun kehadiran dan masa depan yang saling menguntungkan bersama. Jadi kita dapat mengatakan bahwa kita semua sebenarnya adalah teman di era baru,” ujar Jose.

Katanya, banyak orang Indonesia yang memiliki persepsi salah tentang Rusia, dan menegaskan negara itu bukan berideologi komunis sejak lebih dari 30 tahun.

Baca Juga: Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov: Intelijen Rusia Pantau Rentetan Ledakan Pager yang Mematikan di Lebanon

Jose menambahkan, Rusia adalah masyarakat yang berbasis seni serta memeluk banyak agama yang dengan bebas menjalankan iman dan kepercayaan mereka.

Jose menyimpulkan, Indonesia dan Rusia dapat memperoleh keuntungan dari hubungan antarmasyarakat kedua negara, serta mempromosikan sosial budaya untuk memupuk saling pengertian dan menjembatani kolaborasi bilateral yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing serta bagi kolektif Indonesia dan Rusia. ***

Berita Terkait