DECEMBER 9, 2022
Internasional

UNRWA: Anak-anak Gaza Habiskan Hingga 8 Jam Sehari Hanya untuk Dapatkan Makanan dan Air Bersih

image
UNRWA menyatakan, Kondisi infrastruktur yang hancur di Jalur Gaza akibat serangan Israel. (ANTARA/Anadolu/aa.)

ORBITINDONESIA.COM - Akibat agresi berkelanjutan Israel di Jalur Gaza, anak-anak di wilayah konflik itu menghabiskan waktu hingga 8 jam sehari hanya untuk mendapatkan makanan dan air bersih, demikian menurut badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pengungsi Palestina, UNRWA.

“Anak-anak di Gaza bisa menghabiskan 6—8 jam sehari mengumpulkan air dan makanan, bahkan mereka harus membawa beban berat dan berjalan jauh,” demikian UNRWA dalam pernyataannya di media sosial, Sabtu, 6 Juli 2024.

“Fasilitas sanitasi dan infrastruktur Gaza rusak parah, sehingga memaksa ribuan keluarga mengandalkan air laut untuk mencuci, mandi, dan bahkan minum,” kata UNRWA, badan PBB tersebut.

Baca Juga: Philippe Lazzarini: Semua Negara Melanjutkan Pendanaan untuk UNRWA, Kecuali Inggris, Austria, Swiss

Israel tak kunjung menghentikan penyerbuan ke Jalur Gaza meski Mahkamah Internasional (ICJ) memerintahkan Israel, melalui putusannya yang bersifat mengikat, untuk menghentikan serangan di Rafah yang diduga melanggar Konvensi Genosida.

Serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan setidaknya 38.089 warga Palestina dan melukai lebih dari 87.705 lainnya.

Selain itu, setidaknya 10 ribu orang masih belum diketahui nasibnya dan diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan yang hancur akibat bom Israel.

Baca Juga: UNRWA: Lebih dari 50.000 Anak Palestina di Jalur Gaza Kekurangan Gizi Akut

Organisasi internasional dan Palestina turut menyebut bahwa sebagian besar korban yang tewas dan cedera adalah wanita dan anak-anak.

Agresi Israel juga menyebabkan hampir dua juta warga Palestina terusir dari tempat tinggalnya, sehingga menyebabkan eksodus pengungsi Palestina terbesar sejak tragedi Nakba pada 1948.

Sebagian besar dari mereka terpaksa mengungsi di kota Rafah yang berbatasan dengan Mesir.***

Sumber: Antara

Berita Terkait