DECEMBER 9, 2022
Internasional

Israel: Direktur CIA William Burns Akan Ikut Bahas Gencatan Senjata Gaza di Doha, Qatar Pekan Depan

image
Bendera berlogokan Central Intelligence Agency atau CIA. CIA dan Israel terlibat dalam perundingan gencatan senjata Gaza di Qatar. ANTARA/Shutterstock/am.

ORBITINDONESIA.COM - Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat William Burns akan mengunjungi ibukota Qatar, Doha pekan depan untuk ikut dalam pembahasan pertukaran sandera dan gencatan senjata di Jalur Gaza, menurut laporan Axios, mengutip pejabat Israel.

Pertemuan itu juga akan diikuti Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, Kepala Badan Intelijen Rahasia Israel (Mossad) David Barnea dan kepala Badan Intelijen Umum Mesir Abbas Kamel, kata laporan itu pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Laporan itu menambahkan, para pejabat Israel dan AS optimistis daripada sebelumnya bahwa pembahasan terbaru dengan para pemimpin gerakan Palestina Hamas dapat mencapai kesepakatan.

Baca Juga: Pelapor Khusus PBB Francesca Albanese Serukan Semua Orang Sadar Mengenai Kekejaman di Gaza Palestina

Permasalahan problematik utama adalah permintaan Hamas agar AS, Mesir dan Qatar memberikan komitmen tertulis bahwa perundingan tahap kedua dari perjanjian tersebut akan dilanjutkan tanpa batasan waktu selama tahap pertama dari perjanjian tersebut sedang berlangsung, demikian bunyi laporan tersebut.

Namun, Israel percaya bahwa masalah ini dapat dan harus diselesaikan untuk melanjutkan ke negosiasi rinci mengenai implementasi perjanjian tersebut.

Sekitar 120 sandera Israel diyakini ditahan oleh Hamas, termasuk 40 orang yang diperkirakan tewas.

Baca Juga: Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus: Kekurangan Bahan Bakar Perburuk Situasi Layanan Kesehatan di Gaza

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pekan ini bahwa para perundingnya telah menerima tanggapan Hamas mengenai kesepakatan prospektif yang akan menjamin pembebasan sandera sebagai imbalan atas gencatan senjata di Gaza.

Barnea mengunjungi Qatar pada Jumat, 5 Juli 2024 untuk melanjutkan pembicaraan tidak langsung dengan Hamas.***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait