DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Bupati Banjar Saidi Mansyur Ingatkan Petugas Haji Agar Prioritaskan Pelayanan Bagi Jamaah Lansia

image
Bupati Banjar Saidi Mansyur (kiri) bersama Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi melepas jamaah calon haji yang sudah berada di dalam bus dan siap diberangkatkan ke Embarkasi Haji Banjarmasin sebelum berangkat ke tanah suci, di Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu, 12 Mei 2024. (ANTARA/HO-Pemkab Banjar)

ORBITINDONESIA.COM - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) Saidi Mansyur mengingatkan petugas haji agar memprioritaskan pelayanan bagi jamaah calon haji kelompok lanjut usia (lansia) selama menjalani ibadah haji di tanah suci, Arab Saudi.

“Saya juga berpesan agar jamaah calon haji senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas, dan selalu menjaga kondisi kesehatan terutama jamaah lansia,” kata Saidi Mansyur di Martapura, Banjar, Minggu, 12 Mei 2024.

Saidi Mansyur mengharapkan seluruh jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan dengan baik selama berada di tanah suci, agar ibadah haji yang dijalankan dapat terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan.

Baca Juga: Keberangkatan Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, 388 Jamaah Jakarta dari Embarkasi Pondok Gede

"Kami berharap para jamaah tetap dalam kondisi sehat secara mental dan fisik mulai dari keberangkatan, saat di tanah suci, bahkan hingga kepulangan ke Indonesia,” ujarnya.

Bupati Banjar bersama Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi telah melepas keberangkatan total seluruh jamaah calon haji Banjar sebanyak 452 orang di Masjid Nurul Iman Indrasari, Martapura Kabupaten Banjar, menuju asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru sebelum diterbangkan ke tanah suci.

Menurut Saidi, ibadah haji merupakan ibadah spiritual sehingga memerlukan kesiapan fisik maupun mental yang kuat agar bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah yang telah ditetapkan sebagai syarat sah.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas: Sebanyak 41 Ribu Jamaah Lansia Tunaikan Ibadah Haji Tahun 2024

"Doa terbaik untuk seluruh jamaah, berangkat selamat, pulang nanti juga selamat. Semoga menjadi haji yang mabrur, sehat dan lancar menjalani semua rukun wajib maupun sunah haji," ucapnya.

Ketua kelompok terbang (Kloter) BDJ 01 Ahmad Nisfuani mengatakan, keberangkatan jamaah calon haji asal Banjar menuju Embarkasi Banjarmasin ada dua titik kumpul yakni di halaman Pendopo Kabupaten Banjar dan halaman Kantor Kecamatan Gambut.

"Seluruh jamaah berkumpul di asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru sebanyak 320 orang dan sesuai jadwal diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Syamsudin Noor pada Minggu," katanya.

Baca Juga: Dokter Farid Kurniawan Jelaskan Hal-hal yang Mesti Disiapkan Penderita Diabetes Sebelum Berangkat Haji

Kloter pertama BDJ 01 Embarkasi Haji Banjarmasin telah diberangkatkan ke tanah suci sesuai jadwal dengan jumlah keseluruhan 320 jamaah ditambah petugas haji pada Minggu. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait