DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pembakaran Alquran Bikin Swedia Terpecah Antara Kebebasan Berbicara dan Menghormati Minoritas

image
FPWB (Forum Persaudaraan Warga Banten) memprotes aksi pembakaran Alquran oleh politisi Swedia Rasmus Paludan.

ORBITINDONESIA.COM - Pembakaran Alquran, dan serangkaian permintaan untuk menyetujui protes yang melibatkan penghancuran lebih banyak kitab suci, membuat Swedia terpecah antara komitmennya terhadap kebebasan berbicara dan penghormatannya terhadap agama minoritas.

Bentrokan prinsip-prinsip fundamental itu memperumit keinginan Swedia untuk bergabung dengan NATO, sebuah ekspansi yang semakin mendesak setelah invasi Rusia ke Ukraina, tetapi membutuhkan persetujuan dari semua anggota NATO.

Turki telah memblokir aksesi Swedia sejak tahun lalu, dengan alasan termasuk protes anti-Turki dan anti-Islam di Stockholm.

Baca Juga: Hujan Kartu Merah Warnai Kemenangan Bali United atas Madura United di Pekan ke 3 BRI Liga 1

Kemudian, minggu lalu, seorang imigran Kristen Irak membakar kitab suci Islam di luar masjid Stockholm selama hari raya besar Muslim Idul Adha, tindakan yang menurut pria itu menunjukkan perasaannya tentang Alquran.

Pembakaran itu memicu kecaman luas di dunia Islam. Dan seiring dengan protes serupa baru-baru ini oleh seorang aktivis sayap kanan, itu memicu perdebatan di Swedia tentang batasan kebebasan berbicara.

Sekarang, polisi Swedia mengatakan mereka telah menerima permintaan baru untuk demonstrasi oleh orang-orang yang ingin membakar Alquran, serta Taurat dan Injil.

Negara-negara Muslim telah mendesak Swedia untuk memberlakukan larangan.

Bahkan beberapa komentator liberal di Swedia berpendapat, protes tersebut harus dianggap sebagai ujaran kebencian, yang dilarang di negara tersebut ketika menargetkan etnis atau ras.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Bawa Persis Solo Raih Kemenangan Perdana Atas Borneo FC di Pekan Ketiga BRI Liga 1

Tetapi banyak orang di Swedia mengatakan, mengkritik agama, bahkan dengan cara yang dianggap ofensif oleh orang beriman, harus diperbolehkan.

Dan bahwa Swedia harus menahan tekanan untuk memperkenalkan kembali undang-undang penistaan, yang ditinggalkan beberapa dekade yang lalu di negara Skandinavia yang didominasi Lutheran tetapi sangat sekuler ini.

“Ini adalah situasi yang sangat serius bagi Swedia,” kata Magnus Ranstorp, pakar terorisme yang merupakan penasihat strategis Pusat Keamanan Masyarakat di Universitas Pertahanan Swedia.

Presiden Joe Biden menyambut Perdana Menteri Ulf Kristersson ke Gedung Putih hari Rabu dan menegaskan kembali keyakinannya akan pentingnya Swedia bergabung dengan NATO.

Baca Juga: UU Kesehatan Ijinkan Nakes Asing Masuk Indonesia, Indikasinya Liberalisasi Tenaga Kesehatan? Ini Penjelasannya

“Saya ingin menegaskan kembali Amerika Serikat sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya mendukung keanggotaan Swedia di NATO,” kata Biden dari Oval Office. “Intinya sederhana, Swedia akan membuat aliansi kita lebih kuat.”

Polisi Stockholm pada hari Rabu mengatakan, mereka telah menerima dua permohonan baru untuk protes pembakaran buku di ibu kota: satu dari seseorang yang ingin membakar Alquran di luar masjid dan satu lagi dari seseorang yang ingin membakar Taurat dan Alkitab di luar Kedutaan Besar Israel.

Permintaan ketiga yang melibatkan "membakar teks agama" telah diajukan di kota selatan Helsingborg, kata kepala polisi setempat Mattias Sigfridsson kepada The Associated Press.

Polisi belum memutuskan permintaan tersebut.

Baca Juga: Nama Juan Mata eks Manchester United Kembali Viral, Ternyata Ini Penyebabnya

“Di Swedia, kami memiliki kebebasan berekspresi. Kami juga menghormati orang-orang yang memiliki pendapat berbeda dan fakta bahwa hal itu dapat melukai perasaan tertentu. Kita harus melihat hukum. Itulah yang kami lakukan,” kata Sigfridsson.

Polisi Stockholm mencoba untuk menghentikan protes pembakaran Quran awal tahun ini, tetapi ditolak oleh pengadilan yang mengatakan bahwa tindakan tersebut dilindungi oleh hukum Swedia.

Mengutip keputusan itu, polisi mengizinkan protes pekan lalu di mana pria yang diidentifikasi di media Swedia sebagai seorang Kristen dari Irak membakar Alquran di luar sebuah masjid di Stockholm pada Idul Adha.

Baca Juga: HEBOH, Prilly Latuconsina Skakmat Argumen Bocoum Ahmad yang Sebut Cewek Selalu Menuntut, Langsung Jleb

Para pemimpin Muslim di Swedia menyesalkan insiden tersebut, tetapi reaksi paling kuat ada di Timur Tengah. Kedutaan Besar Swedia di Baghdad sempat diserbu oleh pengunjuk rasa yang marah.

Organisasi untuk Kerja Sama Islam mengutuk tindakan tersebut dan mengkritik otoritas Swedia karena mengizinkannya.

Iran menahan pengiriman duta besar baru ke Stockholm dan Pakistan meminta Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk menjadwalkan sesi khusus tentang masalah ini. Di luar dunia Muslim, Paus Fransiskus juga menyayangkan kejadian tersebut.***

Berita Terkait