DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Prabowo Tunjuk Pratikno Jadi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Merah Putih

image
Pratikno berjalan saat dipanggil Presiden Prabowo Subianto dalam pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Pratikno terpilih sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam kabinet itu. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt.

ORBITINDONESIA.COM - Presiden Prabowo Subianto menunjuk Pratikno sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) di Kabinet Merah Putih yang diumumkan pada Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Pratikno yang mantan Menteri Sekretaris Negara itu menggantikan Muhadjir Effendy yang menjabat sebagai Menko PMK di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sinyal bahwa Pratikno akan menduduki posisi Menko PMK sebenarnya telah disinggung Muhadjir Effendy saat peluncuran buku sekaligus perpisahannya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: BREAKINGNEWS! Kepala Otorita IKN dan Wakilnya Mundur, Pratikno: Pak Basuki Jadi Plt

Saat itu, Muhadjir diminta Pratikno untuk bernyanyi. Sontak Muhadjir berseloroh bawah Pratikno sudah banyak memerintah meski belum menggantikannya.

"(Pratikno) ini belum menggantikan saya, tetapi sudah perintah-perintah," kata Muhadjir.

Kini, Pratikno sudah resmi menjabat Menko PMK. Ia akan dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta Senin pada pukul 10:00 WIB. Selanjutnya, pada Selasa, 22 Oktober 2024 akan dilaksanakan agenda pelantikan para kepala badan/lembaga, serta Rabu, 23 Oktober 2024 dilanjutkan dengan agenda Sidang Paripurna Kabinet perdana.

Baca Juga: Mensesneg Pratikno Bantah Mundurnya Kepala Otorita IKN dan Wakilnya Karena Persiapan Acara 17 Agustusan

Presiden Prabowo juga mengagendakan kegiatan bimbingan dan pelatihan di Akmil Magelang sebagai pembekalan bagi para anggota kabinet serta penjelasan perihal program kerja prioritas pemerintah.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024 itu, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Rakabuming Raka akan memberikan petunjuk dan arahan teknis kepada masing-masing kementerian supaya dapat saling mengenal satu sama lain.***

Sumber: Antara

Berita Terkait