DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Erick Thohir Teken MoU Kerja Sama dengan Federasi Sepak Bola Belanda KNVB

image
Erick Thohir (kiri)bersama Secretary General federasi sepak bola Belanda atau KNVB Gijs de Jong (kanan) menandatangi MoU kerja sama antara PSSI dan KNVB di Jakarta, Rabu 25 September 2024. (ANTARA/HO-PSSI)

ORBITINDONESIA.COM - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menandatangani MoU kerja sama dengan federasi sepak bola Belanda KNVB (Koninklijke Nederlandse Voetbalbond) untuk mempercepat prestasi sepak bola Indonesia.

Menurut Erick, konsistensi prestasi yang ditorehkan juara Piala Eropa 1988 itu terstruktur di berbagai level usia pemain di Belanda, menjadi dasar kolaborasi antara dua federasi yang sebenarnya memiliki hubungan historis panjang ini.

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada bulan Mei lalu, yakni PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepak bola yang berkelanjutan di setiap negara," kata Erick melalui keterangan resminya di Jakarta saat menerima tiga orang perwakilan KNVB, Rabu 25 September 2024.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Elka Baggott Membuka Diri Untuk Timnas Indonesia

"Indonesia tentu yang akan banyak belajar, dan saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kami butuhkan," katanya.

Ia menambahkan, dalam kunjungan federasi sepak bola Belanda yang diwakili oleh Gijs de Jong selaku Secretary General KNVB, Michael van der Star selaku Head of International Program & WorldCoaches, dan Ruud van der Sar selaku Head of Sales, New Partnership itu, juga ditandatangani nota kesepakatan untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

Salah satu poinnya adalah untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra dan putri.

Baca Juga: Pesepak Bola Berpaspor Belanda Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Akan Dinaturalisasi, Erick Thohir: Sudah Bersalaman

Melalui kerja sama ini, ia optimistis banyak muncul pemain-pemain berbakat di masa depan.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri. Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerjasama ini," kata Erick.

Menurutnya, kerja sama PSSI dan KNVB ini akan membuat kedua negara rutin mempertandingkan tim nasionalnya dalam persahabatan.

Baca Juga: Erick Thohir: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diusahakan Membela Timnas Indonesia Melawan Bahrain dan China

Katanya, kerja sama ini juga difokuskan pada berbagai proyek pengembangan, salah satunya, pendidikan pelatih sepak bola Indonesia. ***

Berita Terkait