DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Kunjungan Megawati ke Makam Imam Al Bukhari di Uzbekistan Sebagi Pengingat Peran dan Legasi Bung Karno pada Dunia Islam

image
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (kanan) disambut Wakil Gubernur Samarkand Rustam Kobilov (kiri) di Samarkand International Airport, Uzbekistan, Kamis 19 September 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Kunjungan Megawati ke makam Imam Al Bukhari di Samarkand, Uzbekistan adalah pengingat memori kolektif bangsa Indonesia tentang peran dan legasi Presiden Soekarno kepada dunia Islam.

Hal ini diungkap Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Luar Negeri Ahmad Basarah menyusul kunjungan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri ke makam Imam Al Bukhari, Jumat 20 September 2024.

Makam Imam Bukhari menjadi ziarah wisata umat Islam dunia termasuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Tiba di St. Petersburg Rusia, Disambut Ahmad Basarah dan Connie Rahakundini Bakrie

"Dari kunjungan Ibu Megawati ini diharapkan ada pencerahan untuk masyarakat Indonesia dan juga dunia internasional akan legasi Bung Karno terhadap perkembangan dunia Islam, selain memunculkan dampak sosial ekonomi kedua negara," kata Basarah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Wakil Ketua MPR RI ini mengingatkan peran besar Soekarno dalam menemukan makam Imam Al Bukhari.

"Bung Karno yang meminta kepada pemerintah komunis Soviet kala kunjungan kenegaraannya tahun 1956 agar menemukan makam tersebut. Ini legasi Bung Karno untuk dunia Islam," katanya.

Baca Juga: Megawati di Kampus St. Petersburg University: Artificial Inteligence Tidak Boleh Mengabaikan Kebenaran dan Etika

Kunjungan Megawati ini pun diharapkan semakin memperkuat hubungan kedua negara.

"Saat Ibu Megawati berbincang dengan Wakil Gubernur Samarkand Rustam Kobilov kemarin, terlihat keinginan untuk mempererat hubungan kedua negara, khususnya antara Samarkand dengan Jakarta," kata Basarah. ***

Berita Terkait