DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Bupati Solok Epyardi Asda Minta Pemerintah Aktifkan Jalu Kereta Api Singkarak Kembali Diaktifkan: Jadi Kereta Wisata

image
Bupati Epyardi Asda di Galanggang Arang di Dermaga Danau Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

ORBITINDONESIA.COM - Bupati Solok Epyardi Asda meminta pemerintah pusat mengaktifkan kembali jalur kereta api, karena reaktivitas transportasi kereta bisa meningkatkan perekonomian.

"Saya berharap pemerintah pusat mengaktifkan kembali rel kereta yang melintas di nagari Singkarak dijadikan sebagai kereta wisata,” kata Epyardi, di Solok, Senin 5 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Bupati Solok ketika membuka kolaborasi tiga event pertunjukan Galanggang Arang 2024, Napaktilas Tour De Singkarak, dan Festival Tari Tradisi di Kabupaten Solok.

Baca Juga: SATUPENA Sumatra Barat Gelar Bedah Buku Menggugat Ibu, Pembicaranya Harneli Mahyeldi dan Nurhasni

Reaktivitas jalur kereta perlu dilakukan dan bisa dijadikan sebagai kereta wisata, karena akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta mampu menggenjot jumlah pengunjung untuk menikmati objek wisata di daerah tersebut.

Ditambah lagi di nagari Singkarak memiliki sejumlah objek wisata yang tak kalah menariknya dibanding daerah lain.

Katanya, jika jalur kereta bersejarah tersebut dirawat dengan baik, dampaknya bagi masyarakat, paling sederhana, misalnya bisa menjadi destinasi pariwisata yang akan memberikan multiplier effect kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Baca Juga: Sebanyak 4.639 Warga Bukittinggi Sumatra Barat Terima Manfaat Tabungan Utsman, Bebaskan dari Rentenir

Di sana ada Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto menjadi warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2019. ***

Berita Terkait