DECEMBER 9, 2022
Internasional

Pelajar Indonesia Kawasan Amerika Eropa Gelar Simposium Internasional Bahas Gagasan Indonesia Emas 2045

image
Anggota PPIDK Amerop selaku Koordinator SAE 2024 berfoto bersama usai penyelenggaraan simposium di Auditorium KU Leuven, Belgia, Jumat, 19 Juli 2024 (ANTARA/HO-PPI Dunia)

ORBITINDONESIA.COM - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan Amerika-Eropa (PPIDK Amerop) menyelenggarakan Simposium Amerika Eropa (SAE) 2024 membahas gagasan menuju Indonesia Emas 2045.

Simposium bertaraf internasional ini membahas tentang ekonomi, lingkungan hidup dan geopolitik yang berkaitan erat dengan kebijakan publik skala lokal dan regional, termasuk pembangunan berkelanjutan terhadap sumber daya alam di Indonesia.

“Pertemuan kita di sini, pada simposium ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk memupuk persatuan, pengetahuan, dan memajukan budaya pemahaman di kalangan diaspora Indonesia di Amerika dan Eropa, khususnya bagi pelajar Indonesia,” sambutan Ilham Fatur Fatha selaku Koordinator PPIDK Amerop Kabinet Arunika 2023/2024 dalam rilis PPIDK Amerop pada Senin, 22 Juli 2024.

Baca Juga: Menko Airlangga Hartarto: Indonesia Masih di Jalur yang Tepat untuk Mencapai Visi Indonesia Emas 2045

SAE 2024 dimulai dengan membahas hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan investasi di Indonesia yang diwujudkan dengan komitmen bersama dalam hal pemindahan ibukota negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Diharapkan, Kementerian Investasi dan Otorita IKN dapat saling berkolaborasi dalam rangka memberikan insentif dan kemudahan dalam iklim berinvestasi di ibu kota baru agar pemodal asing tertarik berinvestasi dalam proyek strategis nasional dan memicu pihak lain turut serta aktif dalam membangun ibu kota Nusantara.

Selanjutnya simposium membahas langkah-langkah yang dapat meningkatkan jumlah wirausaha digital di Indonesia, mengingat digitalisasi adalah hal fundamental dalam rangka memperkokoh pertumbuhan ekonomi berkelanjutan berbasis sumber daya lokal.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Berharap RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Bermanfaat Demi Indonesia Emas 2045

Hal terakhir yang masuk dalam pembahasan simposium adalah ASEAN sebagai elemen keamanan global dan regional.

Stabilitas keamanan ASEAN, baik secara langsung maupun tidak langsung, berdampak pada perkembangan ekonomi berkelanjutan, yang terus berupaya menarik investasi asing guna mendukung kelancaran arus perdagangan berskala global.

PPIDK Amerop berharap pembahasan gagasan dan ide dari berbagai kalangan ini yang disimpulkan dalam ringkasan eksekutif dapat menjadi inspirasi bagi para pemangku kepentingan di Indonesia agar dapat merumuskan, menerapkan dan mengendalikan jalannya kebijakan publik yang diambil.

Baca Juga: CEO Youthlab, Axel Hadiningrat: Kebudayaan Digital Tuntun Bangsa Mencapai Indonesia Emas 2045

Kegiatan SAE 2024 yang berlangsung 17-19 Juli di Auditorium KU Leuven, Belgia, diikuti delegasi dari negara-negara di benua Amerika dan Eropa.***

Sumber: Antara

Berita Terkait