DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Belitung Tinggalkan Sektor Tambang Beralih ke Wisata, Sekda MZ Hendra Caya: Berkelanjutan tidak Merusak Alam

image
MZ Hendra Caya. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meninggalkan sektor tambang, kemudian beralih ke sektor wisata sebagai lokomotif ekonomi baru.

"Belitung sekarang sudah meninggalkan era tambang dan jangan lagi mengenang tambang. Kami sudah fokus ke pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sekretaris Daerah Belitung MZ Hendra Caya, di Tanjung Pandan, Minggu 7 Juli 2024.

Menurutnya, sektor tambang tidak berkelanjutan, karena cadangan bijih timah di Pulau Belitung bisa habis jika ditambang terus-menerus, sedangkan sektor pariwisata adalah yang berkelanjutan dan tidak merusak alam.

Baca Juga: Wisatawan Meninggal Usai Bermain Banana Boat di Pantai Trenggalek Jawa Timur, Diduga Serangan Jantung

"Maka kalau pemerintah daerah sudah menetapkan sektor pariwisata, sudahlah mari kita fokus mengembangkan pariwisata," ujarnya.

Untuk menaikkan sektor pariwisata, ia membuat terobosan yang salah satunya adalah menggelar Belitung Expo 2024 dalam rangka memperingati hari jadi ke-186 Kota Tanjung Pandan.

Dia menyebutkan, Belitung Expo 2024 mencetak transaksi Rp1,2 miliar, sehingga meningkatkan pendapatan pelaku usaha kcil dan menengah.

Baca Juga: Natuna Geopark Ride 2024 yang Bertaraf Nasional Akan Digelar untuk Tarik Wisatawan ke Natuna, Kepulauan Riau

"Ada sekitar Rp250 juta uang per hari yang berputar di Belitung Expo 2024," katanya. ***

Berita Terkait