DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Bupati Cianjur Herman Suherman: Kawasan Wisata Cikanyere Bangkitkan Ekonomi

image
Bupati Cianjur Herman Suherman (kiri) di atas mobil off road di puncak camping ground Bukit Aquila. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Bupati Cianjur Herman Suherman memberi apresiasi dibukanya kawasan wisata Cikanyere Bukit Aquila di Kecamatan Pacet dan Sukaresmi.

"Kawasan wisata Cikanyere ini membangkitkan UMKM di Cianjur," kata Jerman sewaktu membuka pasar Leuweung Cikanyere yang dirangkaikan peluncuran kawasan wisata Cikanyere, Minggu 30 Juni 2024.

Menurut Herman, di pada masa gubernur Danny Setiawan, Bukit Aquila ini rencananya akan dijadikan miniatur Jawa Barat.

Baca Juga: 6 Aset Pemerintah Provinsi Jakarta akan Dikerjasamakan: Salah Satunya Gedung Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Namun karena krisis moneter akhirnya tidak jadi," tambahnya.

Herman bersyukur potensi Bukit Aquila sekarang digarap oleh Dinas Kehutanan Jawa Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Dodit Ardian Pancapana menjelaskan, pasar Leuweung ini menjadi salah satu upaya untuk membantu masyarakat memasarkan produk hasil hutan dari kelomok tani dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke konsumen.

Baca Juga: Kawasan Wisata Cikanyere Bukit Aquila Bakal Menjadi Camping Ground Campervan dan Motovan Terbesar di Dunia

CEO ReaVee Boga Agrobiz Arif Hidayat, selaku operator Camping Ground Bukit Aquila optimistis kawasan Cikanyere akan menjadi spot baru yang diminati banyak kalangan.

Kawasan Camping Ground Bukit Aquila, tambahnya, memiliki luas 144,6 hektare.

Menurutnya, Camping Ground Bukit Aquila memiliki banhak keunguglan, antara lain untuk menampung campervan sampai 3000 unit dan motovan sampai 5000 unit.

Baca Juga: Museum Kebaharian Luncurkan Buku tentang Kepulauan Seribu, Kasudin Pariwisata Sonti Pangaribuan Apresiasi

"Dari referensi yang kami peroleh, camping ground bukit Aquila menjadi nominasi area campervan dan motovan di puncak gunung dengan view 360 derajad terbesar di dunia,” ungkapnya. ***

 

Berita Terkait