DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Manajer 1 Miliar Tanri Abeng MBA Meninggal di Usia 82 Tahun

image
Tanri Abeng. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM – Tokoh bisnis yang dijuluki “Manajer 1 Miliar” di zamannya Tanri Abeng MBA meninggal di usia 82 tahun dalam perawatan di Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto Jakarta, Minggu 23 Juni 2024 dini hari WIB.

“Telah meninggal dunia Bapak Dr. Tanri Abeng, MBA di RS Medistra Gatot Subroto Jkt, pada Minggu dini hari tgl 23 Juni 2024 sekitar pukul: 02.30 WIB, Mohon do’a nya semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.. Amin YRA,” demikian pesan berantai di media sosial grup WhatsApp, Minggu pagi WIB.

Menurut Infobanknews, Tanri Abeng ialah mantan menteri negara Pemberdayaan BUMN (1998-1999) yang pada zamannya tahun 1990-an dijuluki “Manager Satu Miliar” karena waktu itu dia digaji Rp1 miliar sebagai profesional.

Baca Juga: Kunjungi Kantor Muhammadiyah Jakarta, Kaesang Pangarep Putra Jokowi Bagikan Ini

Dalam catatan OrbitIndonesia, kala itu, gaji seorang pekerja di Indonesia rata-rata hanya Rp150 ribu sampai Rp300.000 per bulan.

Dia juga profesional yang bergelar bisnis MBA yang kemudian menginspirasi banyak anak-anak muda masuk ke jurusan bisnis.

Tanri Abeng yang lahir di Sulawesi Selatan, 7 Maret 1942 ini lama menekuni karier sebagai pebisnis. Di bidang politik ia pernah menjabat sebagai menteri negara Pendayagunaan BUMN di kabinet pembangunan VII dan kabinet reformasi pembangunan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hadiri Pernikahan Keponakan, Putra Anwar Usman dan Idayati di Solo Jawa Tengah

Tantri masuk ke dunia politik pada 1991 dan mewakili Golkar duduk di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Selanjutnya tahun 1998 ia ditunjuk oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan dilanjutkan dengan jabatan yang sama di Kabinet Reformasi Pembangunan pimpinan Presiden BJ Habibie.

Sebagai profesional, alumnus Universitas Hasanuddin ini pernah didtunjuk sebagai Komisaris Utama PT Telkom Indonesia 2004.

Kemudian pada tahun 2010, Tanri Abeng menyelesaikan pendidikan doktor dalam Ilmu multidisiplin dari Universitas Gajah Mada.

Baca Juga: Relawan Solmet: Presiden Jokowi Tidak Intervensi dan Ikut Campur di Pilkada, Termasuk Jakarta

Setelah lebih dari empat dekade, malang melintang di perusahaan multinasional dan pemerintahan, tahun 2011, ia mendirikan Universitas Tanri Abeng, yang berlokasi di Ulujami, Pesanggahan, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan pendanaan untuk membangun kampus ini ia peroleh dari hasil menjual hotel Hotel Aryaduta yang ia miliki dari hasil bermitra dengan James Riady (pemilik Lippo Group) pada 1995 di Makassar.

Pada awal tahun 2012, Tanri menjabat sebagai CEO OSO Group, menggantikan Oesman Sapta Odang. OSO Group bergerak dibidang pertambangan, perkebunan, transportasi, property, dan hotel. ***

Sumber: infobanknews.com

Berita Terkait