DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Puluhan Siswa SMP di Jakarta Selatan Kenalkan Budaya Lampung ke Spanyol dan Jepang

image
Salah seorang siswa Kelas 8 SMP Labschool Kebayoran Aqila Putri Tangjaya, Jumat 14 Juni 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Siswa SMP Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan, memperkenalkan budaya Lampung ke Spanyol dan Jepang melalui misi mengenalkan budaya Indonesia ke tingkat internasional.  

"Misi budaya ini sudah lebih dari 20 kali kami lakukan dengan tema berbeda-beda setiap tahunnya," kata Kepala Sekolah SMP Labschool Kebayoran Yati Suwartini di Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

Kegiatan itu dibuka melalui Gelar Pamit Misi Budaya Arindama Kertiyasa Adikara di SMP Labschool Kebayoran dengan menampilkan tim musik dan tari tradisional yang akan berangkat ke luar negeri.

Baca Juga: Kalimantan Timur Gelar Diskusi dengan Tokoh Budaya dan Akademisi tentang Pelestarian Baju Adat Kutai

Yati berharap, siswanya menjadi semakin semangat dan termotivasi untuk menampilkan kemampuan terbaiknya dalam ajang tersebut.

"Ini bukan beban, tapi motivasi untuk anak-anak karena kita pernah jadi juara dan optimis tahun ini kita kembali juara," ujarnya.

Adapun tari tradisional dari Lampung yang ditampilkan ialah Dapunta Ratu Sekeremong.

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024 Karena Promosikan Minang

Dewan Pembina SMP Labschool Kebayoran Arief Rachman menilai misi kebudayaan ini tak hanya mengejar kecerdasan, namun juga melatih kemampuan mereka mengenalkan budaya.

"Agar mereka melihat Indonesia suatu negara yang besar karena kebudayaannya," ujar Arief.

Salah satu siswi kelas 8 Labschool Kebayoran, Aqila Putri mengaku antusias memperkenalkan budaya Indonesia terutama Lampung dengan mempersiapkan latihan sebaik mungkin.

"Persiapan misi budaya ini kita sudah maksimal dengan 20 kali latihan dan sekali pertemuan itu isinya dua hingga tiga jam," ujar Aqila.

Sebanyak 28 siswa sekolah tersebut akan berangkat Spanyol dan 30 siswa di Jepang.

Kegiatan ini berlangsung 27 Juni sampai 5 Juli di Spantyol dan 28 Juni sampai 6 Juli di Jepang. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait