DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Golden Ball di Piala Dunia 1986 Milik Maradona akan Dilelang di Prancis

image
Diego Maradona menerima trofi Adidas Golden Ball pada Piala Dunia 1986. (ANTARA/HO-Presse Sports)

ORBITINDONESIA.COM - Piala Golden Ball milik Diego Armando Maradona yang diraih di Piala Dunia 1986 di Meksiko akan dilelang di rumah lelang Aguttes, Prancis pada Kamis 6 Juni 2024 waktu setempat.

Piala Golden Ball milik pemain terbaik Piala Dunia 1986 itu adalah barang ketiga yang dilelang setelah jersey yang dikenakan selama turnamen itu terjual 8,5 juta euro pada 2022, memecahkan rekor termahal dalam lelang memorabilia olahraga.

Sebelumnya, bola telah terjual melalui lelang dengan harga 2,2 juta euro, satu bulan setelah Maradona meninggal di November 2022.

Baca Juga: Presiden FIFA Gianni Infantino Berpesan kepada Indonesia: Banggalah dengan Timnas

Mantan pemain Timnas Argentina era 1970-an, Ossie Ardiles mengenang Piala Golden Ball itu sebagai simbol puncak karier sepak bola Maradona.

"Melihat kembali Piala Golden Ball milik Diego, membawa kembali begitu banyak kenangan tentang sahabat saya Diego," kata Ossie Ardiles dalam siaran pers AGUTTES Auction House kepada ANTARA, Jumat.

"Golden Ball ini adalah simbol dari sesuatu yang spektakuler dan unik. Ini menandai puncak dari pemain terhebat di dunia, gol terhebat di Piala Dunia dan penampilan individu terhebat di Piala Dunia mana pun," kata Ossie Ardiles yang pernah berseragam Tottenham Hotspur ini.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas di Kualifikasi Piala Dunia Juni 2024: Elkan Baggott tidak Dipanggil

Sedangkan kapten Inggris saat itu, Terry Butcher ingin memenangkan lelang itu demi memiliki piala Golden Ball milik Maradona.

"Saya mau membayar 7 juta euro untuk membeli Golden Ball Maradona untuk dihancurkan," canda Terry Butcher.

"Namun selain bercanda, saya ingin mengatakan bahwa Maradona adalah pemain terbaik yang pernah saya lawan dan tentu saja merupakan penantang terhebat yang pernah ada. Dia benar-benar tidak perlu berbuat curang," kata Butcher.

Baca Juga: Pelatih Julian Nagelsmann Umumkan Daftar Pemain Timnas Jerman untuk Euro 2024: Mats Hummels tak Ada

Butcher dan Maradona tampil bersama dalam duel Inggris melawan Argentina saat Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Kala itu, Maradona mencetak gol bersejarah "tangan tuhan" setelah melewati tekel terakhir yang diambil Butcher selaku kapten Inggris.

Gol kontroversial pada menit ke-51 itu menjadi pembuka kemenangan Argentina 2-1 atas Inggris dalam laga perempat final Piala Dunia 1986.

Baca Juga: Timnas Indonesia akan Uji Coba Melawan Tanzania 2 Juni di Jakarta: Bomber Ganas Mbwana Samatta Tampil

Selanjutnya, Argentina pun menjuarai Piala Dunia 1986 usai menundukkan Jerman Barat dengan skor 3-2 di babak final. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait