DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

All the Light We Cannot See, Epik Perang Dunia II di Netflix

image
Adegan film All the Light We Cannot See yang diputar di Netflix.

ORBITINDONESIA.COM - All the Light We Cannot See (Semua Cahaya yang Tidak Dapat Kita Lihat) adalah sebuah epik Perang Dunia II yang penuh dengan kerumitan.

Novel pemenang Hadiah Pulitzer karya Anthony Doerr, All the Light We Cannot See akhirnya mendapatkan perlakuan layar yang sangat dinantikan berkat mini-seri Netflix.

Dan meskipun acara tersebut menampilkan pemeran All the Light We Cannot See yang bersinar, latar belakang yang indah, dan pencahayaan sinematik yang akan membuat bartender Brooklyn yang dipesan lebih dahulu mengeluarkan air liur, terjemahan di layar pada akhirnya berhasil.

Baca Juga: Turun Hujan Disertai Petir di Jakarta Hari Selasa Ini

Berpusat pada siaran radio dari kota kecil Saint-Malo di Prancis, yang tampaknya hancur pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, kisah ini menampilkan sepasang kekasih yang sedang mengalami situasi yang terasa seperti akhir dunia.

Kota tepi pantai yang megah dan berdinding, yang telah diambil alih oleh Nazi, menjadi latar belakang untuk episode pertama, yang menampilkan Marie-Laure LeBlanc (Aria Mia Loberti), seorang gadis buta yang membaca kutipan dari salinan braille karya Jules Verne, 20,000 Leagues Under the Sea setiap malam di radio.

Pendengarnya yang paling bersemangat adalah seorang tentara Nazi yang enggan bernama Werner Pfennig (Louis Hofmann), yang diwajibkan untuk mencari dan menghancurkan siaran radio anti-Jerman.

Sebaliknya, dia mendengarkan bacaan Marie setiap malam, terpesona. Duo ini tampaknya siap untuk pertemuan Romeo dan Juliet, sementara kematian, seperti halnya tragedi Shakespeare, selalu ada.

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Peraturan Presiden Tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia

Sulit untuk mengingat bahwa pendorong utama cerita ini melibatkan ayah kurator museum Marie, Daniel (Mark Ruffalo), yang berusaha melindungi berlian terkutuk dari seorang Nazi bernama Reinhold von Rumpel (Lars Eidinger).

Dalam pengejaran von Rumpel yang tiada henti terhadap Marie, dia menjadi pengikat di luar kabel radio yang menghubungkannya dengan Pfennig.

Meskipun All the Light We Cannot See adalah cerita yang indah dan tentunya layak untuk ditonton hanya untuk sinema estetika, tempo acaranya terasa tidak konsisten dan peralihan antar garis waktu menciptakan kecanggungan di layar yang tidak ada di media cetak.

Selain itu, ketatnya sebuah mini-seri tidak memberikan cukup waktu untuk melampaui kedangkalan setiap karakter atau nuansa dunia mereka yang rusak.

Baca Juga: Daftar Pemain Paling Lengkap Drakor Daily Dose of Sunshine, Dibintangi Oleh Park Bo Young Hingga Yeon Woo Jin

Penggemar buku ini kemungkinan besar akan kecewa dengan sifat satu dimensi dari karakternya. Selain itu, kadang-kadang terasa sulit untuk melihat Pfennig – seorang Nazi – melalui sudut pandang simpatik, meskipun ia secara tersirat meremehkan dirinya sebagai seorang Nazi.

Pada akhirnya, tempo dan lompatan garis waktu yang tidak merata menciptakan pengalaman menonton yang terputus-putus. Sama seperti radio yang coba diperbaiki oleh Pfennig di episode pertama, tampilan di layar mungkin perlu diubah.***

Berita Terkait