DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kepemimpinan Empatik dan Pemimpin yang Berfokus Pada Empati

image
Iliustrasi Ganjar Pranowo yang mencoba mewujudkan kepemimpinan empatik.

ORBITINDONESIA.COM - Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting untuk kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan membutuhkan hubungan interpersonal, dan mendengarkan secara aktif adalah cara penting untuk membangun hubungan ini.

Mendengarkan orang lain adalah keterampilan komunikasi yang sangat baik, dan Anda akan terkejut betapa banyak yang dapat Anda pelajari hanya dengan mendengarkan dan mengamati orang lain. Ini penting buat kepemimpinan.

Dalam menjalankan kepemimpinan, sangat penting untuk menunjukkan minat pada pembicara dan memberi mereka fokus penuh Anda. 

Baca Juga: Pandangan Syiah tentang Nikah Mutah

Ketertarikan Anda mungkin merupakan hasil dari keingintahuan pribadi Anda tentang topik tersebut atau karena Anda menghargai pendapat mereka dan menghargai mereka sebagai pribadi.

Pemimpin empatik membangun hubungan dengan anggota tim mereka dan lebih menarik, memahami, dan berorientasi pada solusi. Strategi komunikasi ini dapat membantu Anda membangun hubungan dengan tim Anda dan membuat mereka merasa didengarkan dan dihargai. 

Bahkan jika Anda bekerja dengan seseorang dari jarak jauh, mereka dapat merasa terhubung dengan pemimpin mereka jika empati strategis digunakan secara efektif.

Baca Juga: Indonesia Open 2023: 8 Kontestan Mundur Termasuk Ganda Marcus Kevin

Kunci kolaborasi jarak jauh yang efektif adalah memahami perspektif rekan kerja Anda, mengasumsikan niat baik, dan menyampaikan pemikiran terbaik Anda.

Kepemimpinan yang berfokus pada empati adalah cara paling efektif untuk menginspirasi orang untuk bekerja keras. Pemimpin yang empatik bersedia mengakui kesulitan anggota tim mereka dan berusaha untuk membantu mereka. 

Ini dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik, kepuasan karyawan yang lebih tinggi, dan peningkatan retensi.***

Berita Terkait