DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

FX Hadi Rudyatmo: PDIP Targetkan Kuasai Kursi DPRD Solo Lebih Besar Dibanding 2019

image
FX Hadi Rudyatmo Menargetkan PDIP Solo Raih 35 Kursi DPRD pada Pemilu 2024.

ORBITINDONESIA - FX Hadi Rudyatmo menegaskan, DPC PDIP Kota Surakarta, Jawa Tengah menargetkan meraih 35 kursi pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024 atau lebih besar daripada perolehan 2019 yang 30 kursi.

Jumlah total kursi di DPRD Surakarta 2019 adalah 45 buah, yang mana PDIP menguasai 30 buah, PKS 5 buah, Golkar 3, PAN 3, Gerindra 3, dan PSI 1.

Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Senin, 13 Februari 2023 mengatakan targetnya kali ini adalah realistis melihat perkembangan pembangunan di Solo.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PDIP Masih Tertinggi 22,7 Persen, PAN Terlempar Jadi Partai Kecil

Ia memperkirakan setelah penetapan daftar calon sementara menjadi daftar calon tetap baru akan disusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis proses penjaringan dan penyaringan bakal calon wali kota, wakil wali kota, gubernur, dan wakil gubernur.

Meski demikian, menurutnya, sejauh ini belum ada arahan partai terkait Pilkada 2024 baik tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi.

"Belum, ini konsentrasi di pilpres dan pileg dulu. Kalau pilkada itu juklak dan juknis nanti, ada penjaringan kepala daerah. Ada proses penjaringan, pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah baik tingkat kota/kabupaten maupun provinsi," katanya.

Mengenai kesiapan kader di tingkat bawah, ia memastikan kader di bawah DPC PDIP Kota Surakarta semuanya militan.

Baca Juga: Survei Political Weather Stations: PDIP Makin Kukuh di Puncak

Ia mengatakan seluruh kader pasti akan mengikuti aturan partai.

"Tetapi tetap keputusan di tangan ketua umum. Saya sebagai ketua partai, aturan partai itu yang saya pakai. Kalau ketua umum menghendaki ya hukumnya wajib dimenangkan dan dilaksanakan," katanya. ***

Berita Terkait