DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ini 15 Jenis Kelinci Paling Populer di Dunia yang Bisa Kamu Pelihara

image
Kucing Anggora, salah satu dari 15 kelinci paling populer yang banyak di

ORBITINDONESIA – Salah satu hewan paling populer yang banyak dipelihara orang di rumah salah satunya adalah kelinci.

Namun tahukah kamu ada 15 jenis kelinci paling populer yang banyak dipelihara orang-orang di rumah.

Sebagai hewan paling populer yang banyak dipelihara orang di rumah, setidaknya ada 15 jenis kelinci yang cocok untuk kamu pelihara.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memelihara Kelinci, Apakah Butuh Perlakuan Khusus?

Kelinci merupakan hewan mamalia berbulu tebal yang memiliki 4 kaki. Kelinci juga termasuk dalam kategori hewan herbivora yang memakan buah dan sayur.

Ada banyak sekali jenis kelinci yang dapat kamu pelihara di rumah dan beberapa dari jenis tersebut merupakan jenis yang paling populer untuk dipelihara.

Apa saja ya jenis-jenis tersebut? Simak jenis-jenis kelinci paling populer yang bisa kamu pelihara di sini!

Baca Juga: Ini Nilai Ekonomis dan Sederet Manfaat Kelinci Bagi Manusia yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Jenis-jenis Kelinci Paling Populer

1. Kelinci Anggora

Kelinci ini berasal dari Turki dan biasanya bulu kelinci dimanfaatkan untuk pembuatan wol. Jenis kelinci anggora memiliki bulu yang tebal dan lembut dan bulunya berwarna putih, cokelat, abu-abu, dan hitam.

2. Jenis Kelinci Rex

Kelinci ini berasal dari Argentina dan memiliki bobot yang ringan, hanya sekitar 1-3 kg saja. Ada beberapa macam jenis kelinci rex, mulai dari white rex, black rex, dan dalmation rex.

Baca Juga: Bukan Wortel, Namun 4 Jenis Makanan Ini yang Utama Bagi Kelinci Peliharaanmu

3. Kelinci Himalaya

Kelinci ini cukup unik karena memiliki warna dasar putih dan warna lain pada bagian ekor, hidung, telinga, dan kaki dengan mata yang berwarna merah. Kelinci ini sangat sulit dikawinkan dan hanya dapat melahirkan 2-6 ekor bayi sekali, membuatnya menjadi salah satu binatang peliharaan paling mahal di pasaran.

4. Kelinci Dutch

Kelinci yang berasal dari Belanda ini bulunya pendek dan warnanya bervariasi. Kelinci ini sangat banyak diminati baik di Indonesia maupun di luar negeri, sehingga banyak orang senang untuk membudidayakan kelinci ini.

Baca Juga: Hobi Ikan Cupang, Ini Makanan Bergizi penuh Nutrisi, No 5 Geli Jika di Pegang

5. Kelinci Lop

Kelinci Lop adalah kelinci yang memiliki bentuk telinga tegak yang menggantung dari bagian atas kepala hingga pipi, mirip dengan telinga anjing. Bulu kelinci Lop cukup unik karena berwarna putih dan terdapat titik hitam.

6. Kelinci Satin

Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat dan sering digunakan sebagai kelinci peliharaan. Kelinci Satin betina memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada Satin jantan, berat kelinci betina bisa mencapai 3,8-5 kg. Kelinci ini memiliki sifat yang jinak dan penurut, sehingga cocok untuk dipelihara.

Baca Juga: Penyakit yang Paling Banyak Dialami Love Bird

7. Jenis Kelinci Lion

Kelinci Lion adalah keturunan dari jenis kelinci Anggora Inggris. Bulu yang lebat pada bagian leher kelinci ini tampak seperti bulu singa, sehingga kelinci ini dinamakan Lion.

8. Kelinci Polish

Kelinci Polish adalah jenis kelinci paling tua karena ditemukan di Belanda pada tahun 1884. Ciri khas yang unik dari kelinci ini adalah telinganya yang pendek bulat runcing, matanya yang berwarna merah, dan bulunya yang halus. Kelinci ini bisa hidup sampai umur 7 tahun jika dipelihara dengan baik.

Baca Juga: Mendadak Pelihara Ikan Cupang, Sederet Selebriti Ini Rela Rogoh Kocek Tabungan

9. Jenis Kelinci Dwarf

Kelinci Dwarf merupakan kelinci yang memiliki tubuh berukuran kecil. Ciri khas dari kelinci ini adalah telinganya yang kecil dan lehernya yang pendek.

10. Jenis Kelinci Tan

Kelinci Tan pertama kali ditemukan di alam liar dan merupakan kelinci penakut. Kelinci ini memiliki warna yang indah, yaitu perpaduan warna hitam dan cokelat. Harganya yang murah membuat banyak orang senang untuk memelihara kelinci ini.

Baca Juga: Fakta Unik Kucing Maine Coon, Si Paling Ahli Berenang di Antara Kucing Lainnya

11. Kelinci Holland Hop

Kelinci mini dengan berat 1 kg ini berasal dari Belanda dan termasuk kelinci yang sensitif. Mereka tidak suka dipegang, berada di kandang terlalu lama, atau digendong terlalu erat.

12. Kelinci Mini Satin

Ras ini mulai populer pada tahun 1956 dan merupakan kelinci Satin yang berukuran kecil. Kelinci ini sangat cocok dipelihara bagi kamu yang tinggal di apartemen atau rumah tanpa halaman.

Baca Juga: Setia Sampai Mati, Inilah Fakta Unik Love Bird

13. Kelinci Lion Head

Ras kelinci ini merupakan hasil perkawinan dari kelinci Swiss Fox dan Netherland Dwarf. Kelinci ini sangat aktif dan jinak, sehingga cocok dipelihara dan menjadi teman bermain anak.

14. Kelinci Mini Lop

Kelinci ini sering dibudidayakan sebagai hewan peliharaan atau hewan pertunjukan. Kelinci Mini Lop sangat ramah terhadap kelinci atau hewan lainnya dan menyukai anak-anak yang tidak terlalu aktif.

Baca Juga: Hobi Ikan Cupang Ternyata Sangat Bermanfaat, Hilangkan Stres Hingga Mempercantik Rumah

15. Kelinci Jersey Wooly

Kelinci ini memiliki bulu yang sangat tebal seperti sebuah mantel. Kepribadiannya yang ramah dan kalem membuatnya cocok dijadikan hewan peliharaan.

Itulah tadi 15 jenis kelinci paling populer di dunia yang bisa kamu pelihara. Semoga informasinya bermanfaat ya.***

Berita Terkait