DECEMBER 9, 2022
Nasional

LSI Denny JA: 89 Persen Pendukung Prabowo -Gibran Puas dengan Presiden Jokowi

image
LSI Denny JA sebut pendukung Prabowo-Gibran puas terhadap kinerja Jokowi. (INSTAGRAM/@jokowi)

ORBITINDONESIA.COM - LSI Denny JA kembali merilis hasil survei mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akhir masa jabatannya, Selasa, 15 Oktober 2024.

Dalam rilisnya, LSI Denny JA menyebut bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi masih tinggi, yakni sebesar 80,8 persen.

LSI Denny JA menjelaskan, tingkat kepuasan tersebut berdasarkan sejumlah segmen.

Baca Juga: LSI Denny JA: 10 Tahun Pemerintahan Jokowi Kebebasan Ekonomi Meningkat

Di antaranya, berdasarkan segmen geografis, tingkat kepuasan terhadap Jokowi tersebar hampir merata di seluruh pulau di Indonesia. 

Di Sumatera, kepuasan mencapai 75,3 persen, sementara di Maluku dan Papua, dukungan untuk Jokowi memuncak pada angka 93,3 persen. 

"Keberagaman ini menunjukkan penerimaan yang luas terhadap Jokowi sebagai pemimpin nasional, terlepas dari latar belakang geografis," tulis LSI Denny JA.

Baca Juga: LSI Denny JA: Jokowi Dapat 3 Rapor Biru, 3 Rapor Netral, dan 1 Rapor Merah, Ini Penjelasannya

Dari segmen pemilih capres 2024, mereka yang mendukung Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap Jokowi.

Sebanyak 89 persen dari pemilih Prabowo-Gibran menyatakan puas dengan kinerja Jokowi. 

Sebaliknya, mayoritas pemilih Anies-Muhaimin, sebesar 57,6 persen, justru merasa tidak puas. 

Baca Juga: LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan Gen Z terhadap Jokowi 85,9 Persen

"Hal ini mencerminkan bagaimana pilihan politik di Pilpres 2024 berhubungan erat dengan tingkat kepuasan terhadap kepemimpinan Jokowi," tulis LSI Denny JA.

Hasil survei nasional LSI Denny JA tersebut berasal dari 1.200 responden, dengan multi stage random sampling, tatap muka, tanggal 26 September - 3 Oktober 2024. Margin of Error 2,9 persen.***

Berita Terkait