DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Pilkada Jakarta 2024: KPU Izinkan Rano Karno Pakai Nama Si Doel di Kertas Suara

image
Rano Karno (kanan) dan Pramono Anung (kiri). (Instagram @si.rano)

ORBITINDONESIA.COM - Calon wakil gubernur Rano Karno diperbolehkan memakai nama Si Doel ketika kampanye maupun di kertas suara di Pilkada Jakarta 2024.

"Kami lakukan klarifikasi ke calon wakil gubernur atas nama Rano Karno dan yang bersangkutan menyatakan memiliki surat pengadilan yang dimaksud," kata Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dody Wijaya dalam rapat pleno di Kantor KPU DKI Jakarta, Minggu 22 September 2024.

Dody mengatakan, KPU mendapat tanggapan masyarakat pada Rabu, yang menyampaikan lebih mengenal Rano Karno melalui perannya sebagai Si Doel.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Partai Ummat Tidak Dukung Ridwan Kamil, Cocok dan Segera Deklarasi Dukung Pramono Anung-Rano Karno

OLeh karena itu, masyarakat mengusulkan Si Doel tetap dicantumkan dalam kertas suara.

Setelah dilakukan klarifikasi pada Sabtu, tambahnya, Rano telah mengurus pemakaian nama itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami diberikan salinan penetapan pengadilan dari Jakarta Selatan," ujarnya.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Pramono Anung Ingin Koreksi Harga Masuk Destinasi Wisata, Singgung Ancol dan Taman Mini

Berdasarkan Penetapan Pengadilan Nomor 899/pdt.p/2024/pn.jkt.sel, disebutkan bahwa nama Rano Karno, Haji Rano Karno, Haji Rano Karno SI.P, dan Si Doel, adalah nama satu orang yang sama.

Atas dasar tersebut, KPU menerima tanggapan masyarakat atas klarifikasinya dalam penetapan menetapkan nama cawagub atas nama Haji Rano Karno alias Si Doel.

Rano Karno dikenal masyarakat melalui perannya sebagai Si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Baca Juga: Pilkada Jakarta 2024: Relawan Jagat Prabowo Dukung Ridwan Kamil

Ada tiga partai pendukung calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Pramono Anung-Rano Karno yakni PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

KPU DKI Jakarta resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu.

Mereka adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun). ***

Berita Terkait