DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Tiru Indonesia, Vietnam Juga Gencarkan Naturalisasi Pemain Sepak Bola

image
Ilustrasi pemain Timnas Vietnam. (internet)

ORBITINDONESIA.COM – Vietnam menggencarkan naturalisasi pemain sepak bola untuk memperkiat tim nasional (Timnas) mereka menjelang Piala AFF 2024.

Dikutip dari Thanh Nien, Vietnam sedang mengejar  beberapa pemain keturunan untuk dinaturalisasi, misalnya Jason Pendant Quang Vinh, Nguyen Xuan Son, Kyle Colonna, dan Adou Minh.

Quang Vinh (27 tahun) ialah pemain keturunan Prancis-Vietnam. Ia baru bergabung ke Hanoi Police dengan status bebas transfer.

Baca Juga: Inilah Eliano Reijnders Lekatompessy Berdarah Maluku yang Akan Dinaturalisasi Jadi Pemain Timnas Indonesia

Eks pemain Timnas Prancis U16 dan U17 itu sudah lama tertarik membela Vietnam, yang menjadi negara asal ibunya.

Klubnya, Hanoi Police mendukungnya pindah menjadi warga negara Vietnam secepatnya.

"Klub akan menciptakan segala kondisi bagi Jason Quang Vinh untuk mengembangkan bakatnya,” demikian Hanoi Police.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Thom Haye Bergabung ke Klub Liga Belanda Almere City

Naturalisasi Quang Vinh sedang disiapkan, direncanakan bisa selesai menjelang Piala AFF 2024, yang bergulir mulai Desember mendatang.

Kemudian Xuan Son atau Rafaelson ialah pemain berdarah Brasil yang juga diincar Vietnam. Striker klub Nam Dinh itu sudah bermain di Vietnam selama 6 musim.

Musim lalu, Rafaelson mencetak 31 gol dari 24 pertandingan, membantu Nam Dinh juara V-League untuk kali pertama sejak 1985. Ia juga merebut gelar topscorer di liga berkat ketajamannya.

Baca Juga: Erick Thohir: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diusahakan Membela Timnas Indonesia Melawan Bahrain dan China

Lalu ada Kyle Colonna, pemain kelahiran Amerika Serikat yang juga diincar Vietnam. Bek berusia 25 tahun itu sekarang bergabung di Hanoi FC, dan punya darah Vietnam dari ibunya.

Terakhir Adou Minh, yang juga berasal dari Prancis. Bek Nam Dinh itu juga diusahakan bisa mengenakan jersey Timnas Vietnam.

Vietnam menggencarkan naturalisasi ini agar Timnas sepak bola  mereka tidak tertinggal daripada pesaing mereka di ASEAN, seperti Thailand dan Indonesia.

Baca Juga: FIFA Puji Timnas Indonesia, Dianggap Terlemah Tapi Penuh Kejutan

Vietnam menilai Thailand dan Indonesia sukses memperoleh pemain keturunan berkualitas.

Thailand sendiri memiliki Patrick Gustavsson.

Indonesia dibela banyak pemain diasporanya. Dari bek Justin Hubner dan Calvin Verdonk, gelandang macam Thom Haye, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, dan pemain depan macam Rafael Struick serta Ragnar Oratmangoen. ***

Sumber: detik.com

Berita Terkait