DECEMBER 9, 2022
Buku

The Idiot Brain, Buku Karya Ahli Saraf Dean Burnett tentang Pengendalian Pikiran dan Kesehatan Mental

image
Dean Burnett (Foto: deanburnett.com)

ORBITINDONESIA.COM - Dean Burnett, ahli saraf (neurolog) di Universitas Cardiff, juga seorang stand-up comedian, dan blogger Guardian.  Melalui bukunya, The Idiot Brain (Saraf Dungu): Neurosainstis Menjelaskan Apa yang Sebenarnya Terjadi di Kepala Anda yang terbit 2016 dan langsung memperoleh penghargaan dari lembaga Goodreads.

Dean Burnett mengatakan bahwa otak kita bisa saja salah. Buku ini mencakup beberapa tema, namun tema yang paling penting adalah pengendalian pikiran, kesehatan mental, dan ketakutan.  

Sehubungan dengan tema pengendalian pikiran, Dean Burnett menjelaskan bahwa pengendalian otak terhadap tubuh terkadang menghasilkan perilaku yang tidak rasional. 

Baca Juga: Apa Alasan Seseorang Bisa Selingkuh? Ini Menurut Basis Neurosains Berkaitan dengan Kondisi Otaknya

Misalnya, neokorteks, bagian otak yang menangani fungsi-fungsi yang lebih tinggi, mampu mengesampingkan naluri dasar manusia yang penting untuk kelangsungan hidup, sehingga dapat mengakibatkan pola makan dan gangguan makan yang ekstrem.

"Saraf Dungu" sebagai sebuah buku sains populer, self-help dan non-fiksi, ahli saraf Welsh, Dean Burnett, ini berupaya menjelaskan mimpi buruk, mabuk perjalanan, alkoholik dan teka-teki berbasis otak lainnya dilakukan melalui penyelidikan ilmiah yang ketat. Karena itu, dari bab pertama “Pengendalian Pikiran” hingga bab terakhir (8) “Ketika Otak Terganggu” menghasilkan 339 catatan kaki sebagai sumber riset perkembangan neurosains.

Burnett memulai dengan "bagaimana otak mengatur tubuh, dan biasanya membuat segalanya berantakan." Dia mencatat bahwa pada manusia purba, otak berfungsi mirip dengan otak reptil, mengatur tubuh kita untuk memastikan kelangsungan hidup dan tidak ada yang lain. 

Baca Juga: Begini Tips Mendidik Anak Agar Otaknya Dapat Bekerja dengan Benar dan Menjadi Lebih Bahagia Ala Neurosais

Namun, ketika kelangsungan hidup sehari-hari menjadi lebih mudah bagi sebagian besar populasi manusia, bagian lain dari otak, khususnya neokorteks, berkembang.  

Neokorteks sangat penting dalam cara manusia memproses dan menyimpan ingatan, terutama saat tidur. Pertimbangan kognitif juga penting ketika dihadapkan pada berbagai masukan sensorik.

Namun, “otak reptil” yang lebih tua masih merupakan kekuatan yang kuat dalam mengatur tubuh kita. Itu sebabnya, jika terjadi sesuatu yang secara naluriah membuat kita khawatir, otak reptilia yang lebih tua akan mengaktifkan berbagai respons “lawan atau lari” seperti peningkatan detak jantung, bahkan jika otak kognitif kita memberi tahu kita bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga: Ngeri! Pertama di Dunia Cacing Parasit Hidup di Dalam Otak Seorang Wanita Australia

Burnett menjelaskan perbedaan antara ingatan jangka pendek, yang hanya bertahan di otak selama beberapa detik, dan ingatan jangka panjang. Kenangan jangka panjang bukan sekedar tempat, nama, dan hal-hal yang selalu dapat kita ingat.  

Mereka berhubungan dengan banyak sekali fungsi motorik yang dipelajari, seperti bermain bola basket atau memetik akord pada gitar.  Yang juga termasuk dalam kategori ingatan jangka panjang adalah hal-hal yang kita “kenal” versus hal-hal yang dapat kita “ingat”.  

Inilah sebabnya kita sering kali mengenali wajah seseorang tanpa mengingat namanya atau di mana pertama kali kita bertemu orang tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Drakor Daily Dose of Sunshine, Serial Netflix Tentang Perawat Neuropsikiatri yang Penuh Motivasi

Burnett membedakan antara kecemasan yang normal dan logis, seperti ketakutan akan di-PHK dalam perekonomian yang buruk atau ketakutan akan kerusakan fisik karena usia, dan fobia yang sama sekali tidak logis serta teori konspirasi yang memungkinkan kita untuk mempercayai otak kita meskipun tidak ada bukti yang cukup.  

Alasannya, tulis Burnett, adalah otak kita dilatih untuk menolak hal yang acak. Informasi acak yang tidak berhasil kita sintesis untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup tidak banyak berguna bagi manusia primitif. 

Namun, saat ini kita dibanjiri dengan informasi yang tidak berhubungan, atau hubungannya tidak jelas bagi kita. Karena bias kita terhadap keacakan, otak mencoba membuat hubungan antara kejadian acak untuk menciptakan atau mempertahankan pandangan dunia yang masuk akal bagi kita.

Baca Juga: Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Pikiran Bung Karno dan Kontekstualisasinya Bagi Indonesia Terkini

Burnett membahas kesulitan mengukur tingkat kecerdasan manusia, meskipun ada upaya tanpa henti untuk melakukan hal tersebut melalui skor IQ dan tes standar.  

Ia berpendapat bahwa salah satu alasan mengapa kecerdasan sulit diukur adalah karena ada dua jenis kecerdasan yang sangat berbeda: kecerdasan "cair" dan kecerdasan "mengkristal".  

Pun Burnett menegaskan, "Pengetahuan adalah mengetahui bahwa tomat adalah buah; kebijaksanaan bukanlah memasukkannya ke dalam salad buah. Dibutuhkan kecerdasan yang terkristalisasi untuk mengetahui bagaimana tomat dikelompokkan, dan kecerdasan yang cair untuk menerapkan informasi ini saat membuat salad buah."

Baca Juga: 5 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Mengapa Mengurung Pikiran di Dalam Sangkar

Burnett menjelaskan panca indera dan mengapa penciuman jauh lebih kuat daripada rasa, misalnya. Ia juga membahas bagaimana pendengaran dan sentuhan saling terkait karena keduanya merupakan indra "mekanis" yang diaktifkan oleh tekanan.

Selain itu, ia mengamati hubungan antara otak dan kepribadian seseorang. Bukti paling awal bahwa otak dan kepribadian saling terkait muncul setelah seorang pria bernama Phineas Gage menderita cedera otak pada tahun 1850-an dan mengalami perubahan kepribadian yang dramatis.  

Demikian pula, Burnett membahas ciri-ciri karakter tertentu, seperti kemarahan dan motivasi, dan bagaimana otak kita melestarikan sifat-sifat tersebut berdasarkan berbagai rangsangan.

Baca Juga: Mengapa Mengurung Pikiranmu di Sangkar?: Pengantar Buku Lukisan dengan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Lebih lanjut ia mengeksplorasi bahasa dan komunikasi, mendiskusikan sejauh mana perkataan, ekspresi, dan tindakan kita ditentukan oleh faktor-faktor yang tidak disengaja. Semua orang ingin percaya bahwa mereka berperilaku dengan "kehendak bebas".  

Namun, dibutuhkan banyak usaha untuk melatih otak agar menolak respons yang tidak disengaja terhadap situasi sosial tertentu. Sebagai contoh sederhana, bagaimana membahas orang-orang dengan "wajah poker yang baik".  

Tidaklah cukup hanya berusaha menjaga wajah tetap datar. Kita perlu memahami ekspresi wajah mana yang dipicu secara tidak sadar dan kemudian fokus untuk mengendalikannya juga. Karena menurut riset, 65 persen penggunaan penglihatan memengaruhi kerja otak dibanding dengan kerja olah rasa kita.

Terakhir, setelah merinci bagaimana fungsi normal otak yang sehat menyabotase kita, di bab akhir buku, “Ketika Otak Terganggu”, Burnett menyelami masalah yang lebih besar yang diakibatkan oleh otak yang menderita kecanduan miras atau gangguan mental.  

Jika otak kita, dalam kondisi terbaiknya, memiliki kinerja yang kurang ideal, maka otak seorang pecandu miras mirip “Idiot Brain”.

(Oleh Dean Burnett & ReO Fiksiwan) ***

Sumber: WhatsApp grup Satupena

Berita Terkait