DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pilkada Kota Surabaya, anggota DPRD Arif Fathoni: Kedatangan Gibran Isyarat Dukungan untuk Wali Kota Eri Cahyadi

image
Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Arif Fathoni ANTARA/Indra Setiawan

ORBITINDONESIA.COM - Anggota DPRD Kota Surabaya Arif Fathoni menilai, kedatangan wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat simulasi makan bergizi beberapa waktu lalu merupakan isyarat dukungan untuk Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surabaya.

Arif Fathoni mengatakan, ada kesamaan perilaku politik antara Presiden Joko Widodo dengan putranya ketika menunjukkan dukungan terhadap figur dalam mengarungi kontestasi.

"Apalagi dalam kegiatan di SDN Klampis tersebut juga dihadiri oleh Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak," kata Arif Fsthoni di Surabaya, Minggu, 4 Agustus 2024.

Baca Juga: Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad: Kami Tunggu PKB Masuk Dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ia mengatakan, baik Jokowi maupun Gibran, selalu menunjukkan dukungan tidak harus dengan ucapan.

"Namun, selalu dengan perlambang-perlambang politik, di Pilpres Pak Jokowi cukup foto dengan Pak Prabowo, akhirnya terjadi migrasi dukungan pendukung Pak Jokowi ke Pak Prabowo," ujarnya.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini mengatakan, ada ratusan kabupaten/kota di Indonesia, namun Wakil Presiden terpilih memilih melakukan simulasi program makan bergizi di Kota Surabaya.

Baca Juga: Pilkada Jakarta: Gibran Center Dukung Kaesang Pangarep Jika Calonkan Diri

Ia mengatakan, selain menunjukkan dukungan politik terhadap Wali Kota Surabaya, juga merupakan penegasan bahwa Eri Cahyadi adalah salah satu kepala daerah yang dipercaya akan melaksanakan program pemerintah pusat itu dengan baik di Kota Surabaya.

"Figur Mas Eri memang mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, karena kepemimpinannya senafas dengan kehendak Pak Jokowi dan Prabowo Gibran kelak," ucapnya.

Ia melihat, kehadiran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Khofifah dan Emil dalam kegiatan bersama Gibran juga merupakan simbolisasi persatuan tokoh-tokoh tersebut dengan Eri Cahyadi dalam mengarungi pelaksanaan pilkada serentak nanti.

Baca Juga: Sekjen PSI Raja Juli Antoni Tekankan Komitmen Prabowo-Gibran tentang Keberlanjutan Pembangunan IKN

"Jadi saya pikir, ada gerak nafas yang sama, bahwa memenangkan Khofifah-Emil sama dengan memenangkan Eri Cahyadi di Kota Surabaya," ujarnya.

Ketika ditanya kenapa tidak ada figur Wakil Wali Kota Armudji dalam kegiatan simulasi makan bergizi tersebut, Toni mengatakan mungkin di saat bersamaan wakil walikota ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Mungkin Cak Armudji ada kegiatan Pemkot ditempat lain, jadi tidak bisa hadir, tidak perlu ditafsirkan yang tidak-tidak," katanya.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi Optimistis Program Tol Laut Berlanjut di Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran

Ketika disinggung mengenai kapan rekomendasi Partai Golkar di berikan, Toni mengatakan saat ini masih dilakukan survei tahap 2 oleh DPP Partai Golkar, setelah hasil survei tersebut dipresentasikan ke DPP, maka rekomendasi akan diterbitkan.

"Surabaya ini pintu gerbang Ibu Kota Nusantara, jadi keluarnya rekomendasi harus dilakukan di saat yang khusus dan cara yang khusus namun, sejauh ini surat tugas DPP Partai Golkar tetap ke Mas Eri Cahyadi," kata dia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait